Final Kedua Piala AFF 2020 Thailand Vs Indonesia, Babak Pertama 0-1


JAKARTA (INDOVIZKA) - Babak pertama laga kedua final Piala AFF 2020 antara Thailand vs Indonesia berakhir dengan skor 0-1. Gol Ricky Kambuaya membawa Timnas Indonesia unggul namun masih harus mengejar tiga gol lagi pada babak kedua untuk menyamakan akumulassi

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, kembali menurunkan bek kiri, Pratama Arhan, sejak awal. Pada laga pertama Arhan absen karena akumulasi kartu.

Dalam laga ini, Indonesia tak bisa menurunkan empat pemain, yakni Elkan Baggott, Rizky Ridho, Rizky Dwi Febrianto, dan Victor Igbonefo. Mereka dilarang tampil pada laga ini karena melanggar aturan sistem gelembung dari pemerintah Singapura.

Egy Maulana Vikri juga bermain sejak awal. Bersama Ramai Rumakiek, Witan Sulaeman dan Dedik Setiawan, Egy menjadi tumpuan di lini depna. Ini pertama kalinya Egy tampil sejaka wal di Piala AFF 2020.

Di Timnas Thailand, pelatih Alexandre Polking bisa menurunkan Theerathon Bunmathan. Sebelumnya, bek ini absen karena akumulasi kartu.

Chanathip Songkrasin, Supachok Sarachat, dan Teerasil Dangda kembali jadi andalan di lini depan. Ketiganya jadi motor lini depan yang membombardir pertahanan Indonesia pada laga perdana lalu.

Berikut susunan pemain laga final kedua PIala AFF 2020 antara Thailand vs Indonesia:

Thailand (4-2-3-1): Siwarak Tedsungnoen; Theerathon Bunmathan, Narubadin Weerawatnodom, Kritsada Kaman, Pawee Tanthatemee; Sarach Yooyen, Thanawat Suengchitthawon; Bordin Phala, Chanathip Songkrasin, Supachok Sarachat; Teerasil Dangda.

Indonesia (4-3-3): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachrudin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan; Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Ramai Rumakiek; Egy Maulana Vikri, Dedik Setiawan, Witan Sulaeman.

Permainan terbuka langsung tersaji pada awal babak pertama. Timnas Indonesia yang menelan kekalahan 0-4 pada laga pertama mampu tampil lebih baik dengan permainan cepat yang langsug mengarah ke pertahanan Thailand.

Upaya anak-anak Garuda membuahkan hasil pada menit ke-7. Ricky Kambuaya melepaskan tembakan jarak jauh setelah menerima umpan dari Witan Sulaeman.

Tendangan Ricky sebenarnya mengarah tepat ke penjaga gawang Thailand Siwarak Tedungnoen, namun dia gagal menangkap bola hingga masuk ke gawangnya sendiri.

Tertinggal 0-1, Thailand langsung tampil lebih agresif. Alhasil Teerasil Dangda mendapatkan peluang pertama mencetak gol. Beruntung sepakan Dangda mampu ditepis oleh penjaga gawang Nadeo Argawinata.

Pada menit ke-12, Supachok Saratchan berhasil mendapatkan peluang setelah sepak pojok berubah menjadi kemelut di kotak penalti Indonesia. Beruntung sepakan pemain bernomor punggung 7 itu hanya menerpa mistar gawang.

Nadeo kembali melakukan penyelamatan pada menit ke-20. Dia menepis tendangan jarak jauh yang dilepaskan oleh gelandang Thanawat Suengchitthawon.

Permainan cepat yang ditunjukkan Timnas Indonesia membuat Thailand terpaksa lebih banyak bertahan. Pemain depan Bordin Phala yang membantu pertahanan bahkan harus mendapatkan kartu kuning setelah melanggar Ricky Kambuaya di depan kotak penalti pada menit ke-33.

Eksekusi tendangan bebas Alfeandra Dewangga masih membentur pagar betis Thailand sehingga hanya menjadi sepak pojok.

Pada masa tambahan waktu, Teerasil Dangda mendapatkan peluang setelah menerima umpan silang dari Narubadin Weerawatnodom. Tetapi sepakan Dangda masih jauh dari gawang Nadeo.

Skor 0-1 menutup babak pertama laga final kedua Piala AFF 2020 antara Thailand vs Indonesia. Skuad Garuda masih harus mengejar tiga gol lagi untuk membuat skor imbang secara akumulasi.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar