Meski Libur Lebaran, Komandan Regu 1B Damkar Inhil Tetap Siaga

Komandan Regu 1B DPKP Inhil Rustam Effendi

TEMBILAHAN-  Saat Hari Raya Idul Fitri, kebanyakan warga sudah meninggalkan rumah untuk merayakan lebaran di kampung halaman masing-masing, namun berbeda dengan Rustam Effendi, Komandan Regu 1B Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Inhil ini. Dia harus tetap siaga meskipun di hari libur.

Rustam yang sudah 20 tahun lebih bekerja di DPKP Kab. Inhil ini mengaku tak mempermasalah hal itu. Baginya, sebagai pekerja lapangan, dia harus siap dipanggil kapan pun..

Lebaran Hari Raya Idul Fitri aktifitas masyarakat kian meningkat dalam hal ini perlu diwaspadai akan terjadi kebakaran jika tidak berhati-hati, meskipun dihari Libur Lebaran,Pihak DPKP Kab.Inhil  tetap siaga untuk mengantisipasi jika ada bencana kebakaran terjadi.

Komandan Regu 1B Rustam Effendi  mengatakan ancaman kebakaran bisa saja terjadi kapan saja dan dimana saja, sehingga perlu seluruh warga mewaspadai hal ini jangan dianggap remeh.

"Tim DPKP Kab.Inhil tidak Mengenal hari libur, karena DPKP Kab.Inhil merupakan unsur Pelaksana dari pemerintah yang bertanggung jawab membantu masyarakat dalam penanganan kebakaran," terang Rustam, Senin (02/05/2022).

Selain Perketat Kesiapsiagaan dengan penanganan kebakaran, Petugas DPKP Kab.Inhil kerap kali juga terlihat dalam sejumlah aksi penyelamatan lain, mulai dari: Evakuasi penyelamatan korban Kecelakaan, Bencana alam, Evakuasi gawat darurat hingga Urusan Satwa Liar.

"Oleh sebab itu, petugas DPKP Kab.Inhil harus siaga di pos-posnya masing-masing selama libur Lebaran. Hal ini menurutnya sudah menjadi hal yang biasa bagi petugas DPKP "ucapnya.

Hal senada diutarakan Kepala DPKP Kab.Inhil Drs,H.Eddiwan Shasby,MM Mengatakan Petugas DPKP Kab.Inhil tidak ada libur disaat warga menikmati hari liburnya, siaga 24 jam petugas tetap siaga.

"Personel kita melakukan sif-sifan atau bergantian disaat bertugas dilapangan saat libur, kalau ada laporan warga untuk bantuan, akan ditindaklanjuti, kita selalu siap jika ada kebakaran dihari libur,"tuturnya.

Untuk mencegah tidak terjadi Kebakaran disusana lebaran, Drs H.Eddiwan Shasby,MM menghimbau warga agar mewaspadai kebakaran disaat aktifitas tinggi jelang lebaran, seperti mamakai kompor agar mematikan kompor sebelum ditinggal pergi, begitu juga memakai listrik jangan memakai bercabang akan menyebabkan  kebakaran, dimatikan jika sudah selesai dipakai, bagi warga yang ingin mudik minimal dititip ketetangga atau RT agar rumah dapat diperhatikan

Untuk diketahui Pelayanan Kebakaran Dan Non Kebakaran Dinas Pemadam kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Inhil Gratis!!
Hubungi Nomor Contack DPKP Kab.Inhil ( 0768 244 88).






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar