Dishub Inhil Akan Tertibkan Surat Ukur Kapal, Indrawansyah: Kita Tuntaskan Dalam Waktu Dekat


TEMBILAHAN - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Indragiri Hilir menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Pengukuran Kapal secara Kolektif di ruangan rapat Kadishub Inhil, Selasa, 23 Agustus 2022.

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IV Riau-Kepri Yugo Antoro didampingi Kasi  Transportasi Sungai, Danau, Penyeberangan Komersial dan Perintis (TSDP KP) Riskan, beserta beberapa orang staf, Kepala KSOP Tembilahan Capt. Suratno, Kepala UPP Kuala Gaung Taulady, Sekretaris Dishub Inhil Al Yusroni Fagta dan beberapa pejabat di lingkungan Dishub Inhil. 

Pada Rapat tersebut dibahas terkait tindak lanjut dari pelimpahan kewenangan Penerbitan Pas Kecil untuk Kapal yang beroperasi di air pedalaman termasuk di bawah 7 GT kepada Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IV Riau-Kepri. 

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Indragiri Hilir Indrawansyah Syarkowi, SE, M.Si menjelaskan kepada awak media, penertiban Surat Ukur Kapal akan dituntaskan dalam waktu dekat.

"Insya Allah terkait Penerbitan Surat Ukur Kapal akan kita tuntaskan dalam waktu dekat ini, kewenangan Penerbitan Surat Ukur Kapal ada pada BPTD namun dalam pelaksanaan kita mesti  bekerjasama dengan KSOP dan BPTD serta Dinas Perhubungan Inhil," kata Indrawansyah, Kadis Perhubungan Inhil yang baru saja dilantik belum lama ini.

Ia menghimbau kepada masyarakat yang armada angkutan sungainya sudah lengkap dokumennya silahkan membawa Kapal/ Speed Boat untuk dilakukan pengukuran oleh petugas.

"Sesuai arahan Bupati layanan ukur kapal itu tidak dikenakan biaya alias gratis. Kita berharap momentum ini bisa dimanfaatkan oleh warga kita untuk melengkapi surat-surat kapalnya, untuk tahap awal ini kita fokus dengan Kapal yang menjadi angkutan penumpang, " pungkasnya.

Kepala BPTD Wilayah IV Riau - Kepri Yugo Antoro menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Kadishub Inhil yang pro aktif mendorong terlaksananya kegiatan ini.

 "Kita berharap dukungan dan kerjasama semua pihak sehingga masyarakat mendapatkan layanan yang terbaik terkait Perizinan Kapal. Agar tidak menjadi kendala dalam pelaksanaan dokumen mesti diupdate lagi datanya agar ketika dilakukan pengukuran nanti tidak terkendala dan sebelum pelaksanaan pengukuran perlu briefing dulu personil yang terlibat untuk menyatukan persepsi terhadap teknis pengukuran," ucapnya.

Kepala KSOP Tembilahan Capt Suratno menyambut baik kegiatan ini KSOP siap untuk membackup.

 "Personil kami akan kami siapkan untuk melakukan pengukuran tinggal Dishub Inhil mengatur penjadwalannya pada prinsipnya kami KSOP mengikuti mekanisme pengukuran yang berlaku di BPTD," ujarnya. 

Kesimpulan dari Rapat Koordinasi tersebut adalah para Korwil akan mensosialisasikan pelaksanaan pengukuran Kapal yang direncanakan Minggu pertama September 2022 di Pelabuhan Pelindo.

Selain itu, Dishub Inhil akan mengajukan kepada Bupati Penetapan Rute Trayek Angkutan Sungai kepada pemilik kapal yang sudah terdaftar di Dishub Inhil agar melengkapi lagi Dokumennya sehingga pada saat pengukuran tidak menjadi kendala. Untuk tahap awal ini ada 261 Kapal yang akan diukur. 

Kemudian, Dinas Perhubungan Kabupaten Indragiri Hilir akan fokus menata dermaga dan angkutan penumpang di perairan mengingat wilayah Indragiri Hilir masih didominasi oleh angkutan sungai, kepada masyarakat agar pro aktif memanfaatkan layanan ini agar Dokumen Kapal sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan layanan angkutan penumpang diperairan memenuhi standar yang dipersyaratkan.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar