Deteksini Dini HIV Pada WBP, Dinkes Lakukan Skining HIV di Lapas Kelas IIA Tembilahan


INDOVIZKA.com- Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) bekerjasama dengan Lapas Kelas II A Tembilahan melakukan pemeriksaan kesehatan deteksi dini HIV/AIDS di Aula Dr Saharjo Lapas Kelas IIA Tembilahan, (1/12/22). 

Pemeriksaan Deteksi dini melibatkan tim kesehatan dari Puskesmas Gajah Mada dan Puskesmas Tembilahan Hulu Serta Dr Ice Indrayanti untuk melakukan Skining HIV kepada 100 orang Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) Lapas Tembilahan. 

Kepala Dinas Kesehatan Inhil, Rahmi Indrasuri diwakili Fahrul Rizal Bidang P2P seksi P3M menyampaikan kegiatan pemeriksaan kesehatan deteksini dini dilakukan dalam rangka peringatan hari AIDS Sedunia. 

“Dalam rangka memperingati AIDS Sedunia, Dinas Kesehatan bekerjsama dengan Lapas untuk melalukan pemeriksaan kesehatan yakni deteksi dini HIV kepada para tahanan baru di Lapas dengan mendatangkan tim kesehatan Puskesmas Gajah Mada dan Puskesmas Tembilahan Hulu” kata Fahrul Rizal. 

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Lapas Tembilahan yang telah menyambut baik kedatangan Dinkes Inhil. 

“Terimakasih kepada Kalapas Tembilahan dan jajaran, hal ini kita lakukan sebagai upaya cepat untuk mendeteksi kalau memang ada penderita HIV di dalam Lapas," ucapnya. 

Sementara itu, Kepala Lapas Tembilahan Hari Winarca diwakili Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik (Kasi Binadik) Lapas Tembilahan, Ahlan menyambut baik aksi simpatik dan Skrining HIV yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Inhil.

"Hari ini kita melakukan Skining HIV kepada tahanan baru Lapas Tembilahan sebanyak 100 orang, dimana kegiatan ini gunanya untuk melihat ada atau tidak penularan HIV atau penyakit dari luar yang terjadi kepada warga binaan kita," pungkasnya. 






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar