Edukasi Sikap Cekat Tanggap Terhadap Bencana Alam, PAUD Nurul Falah Kunjungi BPBD Inhil

PAUD Nurul Falah Desa Kuala Sebatu, Kecamatan Batang Tuaka bersama dengan muridnya berkunjung ke Kantor BPBD Inhil, Sabtu (7/1/23). Sumber (Fahrin)

Indovizka.com, - Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kelompok Bermain (KB) Nurul Falah Desa Kuala Sebatu, Kecamatan Batang Tuaka bersama dengan muridnya berkunjung ke Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Sabtu (7/1/23).

Kedatang tersebut dalam rangka menjalin silaturahmi sekaligus memperkenalkan serta memberikan edukasi kepada anak-anak sejak dini terhadap bagaimana cara dan mengetahui jika terjadi suatu bencana di daerahnya.

Dalam pelaksanaan tersebut juga mengusung tema "Pembelajaran Eedukasi Tentang Sikap Cekat Tanggap Terhadap Bencana Alam pada Anak Usia Dini"

Kepala BPBD kabupaten Inhil, Yusfik melaku Rahmad Hadi menyampaikan bahwa kesiapsiagaan dalam penangggulan bencana ini dikenalkan sejak dini kepada siswa, merupakan langkah yang sangat tepat. Dimana diketahui bahwa di desa Sebatu merupakan salah satu rawan terjadi bencana alam, seperti banjir, kebakaran huta dan lahan (Karlahut), kemudian konflik manusia dengan hewan liar (buaya) dan lainnya.

"Untuk itu, pemberian pembelajaran sekaligus simulasi penanganan dan memperkenalkan alat-alat yang digunakan ini. Artinya, anak-anak kita bisa menetahu paling tidak suatu saat dia bisa menyelamatkan diri, sehingga jika terjadi suatu musibah mereka dapat mengetahui apa yang harus dilakukannya," ucapnya.

Selain itu juga ia, menyebutkan bahwa materi yang diberikan ini merupakan sosialisasi dan simulasi terkait teknik evakuasi mandiri jika terjadi musibah di daerah tempat tinggalnya.

“Kegiatan edukasi bencana ini sangat perlu dilakukan sebagai pembelajaran dan perkenalan awal pada mitigasi bencana, serta dengan sosialisasi ini para siswa dan siswi dapat menambah pengetahuannya di bidang bencana, dan selalu siap dalam menghadapi bencana, mengetahui tindakan yang harus dilakukan saat evakuasi terjadi,” jelasnya.

Terakhir ia menghimbau kepada masyarakat dan anak-anak yang didampingi orangnya agar tidak membuang sampah sembarang khususnya disungai karena itu dapat memancing predator (buaya) datang, kemudian jangan membakar lahan sembarang karena bisa menimbulkan kebakaran.

Disisi lain, kepala sekolah Paud KB Nurul Falah desa Kuala Sebatu Kharlina,S pd mengatakan, pemberian edukasi kebencanaan ini bagi anak-anak usia dini perlu diberikan, agar mereka secara dini juga dapat menyerap pengetahuan jenis bencana dan bagaimana penanggulangannya secara dini ya g diberikan dalam bentuk penerimaan pengetahuan dan keterampilan penanggulangan bencana. 

"Alhamdulillah, hari ini, siswa-siswi dilatih tanggap bencana, ini merupakan bentuk menuju profil Pelajar Pancasila, yaitu peduli terhadap lingkungan, situasi dan kondisi yang terjadi saat ini, khususnya terhadap bencana alam. Kita menyadari pendidikan mitigasi bencana terhadap anak sekolah diusia dini sangat diperlukan. Selain mereka menerima dan menyerap pengetahuan, semuanya bertahan dan dapat dikembangkan pada saat terjadi insiden," ucapnya.

Menurutnya, kegiatan ini sangat penting, karena nantinya anak-anak dapat mengetahui apa yang harus mereka lakukan ketika terjadi bencana alam dan lainnya. 

"Kita yakin dengan diterimanya pengetahuan dan keterampilan kebencanaan terhadap murid kita ini, mereka akan menceritakan kembali kepada orangtua kakak dan adiknya di rumah. Dalam artikata sosialisasi jumlahnya bertambah. Untuk itulah, pelatihan dan simulasi ini sangat penting apalagi mereka akan lebih tahu apa yang harus dilakukan untuk menyelamatkan diri saat terjadi bencana alam, sehingga dapat mengurangi risiko korban luka dan jiwa,” tegasnya.

Diakhir acara Tim BPBD kabupaten Inhil membawa Sekolah Paud KB Nurul Falah bersama anak murid desa Kuala Sebatu berkeling melihat suasana kantor serta peralatan yang digunakan saat menangani bencana.

Untuk diketahui dalam acara tersebut turut dihadiri tim BPBD kabupaten Inhil, kepala Sekolah Paud KB Nurul Falah, Guru bersama anak murid dan wali murid desa Kuala Sebatu, Sekdes desa Kuala Sebatu Amiruddin.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar