Memasuki Tahap 3 Pembangunan Gedung RCH dan Qur’an Center, Pemprov Riau Siapkan Anggaran Miliaran


INDOVIZKA.COM - Pembangunan tahap ketiga gedung Quran Center Riau di Jalan Sudirman, dan Riau Creative Hub (RCH) di Jalan Arifin Achmad Pekanbaru saat ini masih proses lelang, ditargetkan Februari ini sudah ada pemenangnya.

"Untuk pekerjaan tahap ketiga Quran Center dan Riau Creative Hub masih proses lelang. Target kita Februari ini sudah ada penunjukan pemenangnya," kata Kepala Dinas PUPR-PKPP Riau, M Arief Setiawan melalui Kepala Bidang Cipta Karya Thomas Larfo Dimiera, Senin (6/2/2023).

Lebih lanjut, Thomas menjelaskan untuk pembangunan tahap ketiga gedung Quran Center Riau pihaknya mengalokasi anggaran sebesar Rp16 miliar.

"Anggaran itu untuk penyelesaian bangunan pendukung di belakang gedung utama. Termasuk untuk landscape, meliputi pagar, perapian drainase dan lainnya," ujarnya.

Sedangkan untuk gedung RCH sendiri, sebut Thomas, pihaknya tahun ini mengalokasikan anggaran lebih kurang sebesar Rp27 miliar.

"Kalau RCH, tahap ketiga itu ada bangunan pendukung yang belum terakomodir di bangunan utama, termasuk kawasan landscape, tapi landscape lebih besar dari Quran Center karena kawasannya 2 hektare," terangnya.

Untuk diketahui, untuk pembangunan dua gedung itu, Pemprov Riau mengalokasikan anggaran secara bertahap. Tahap ketiga merupakan penyelesaian gedung.

Gedung RCH dibangun di eks Pujasera, jalan Arifin Achmad Pekanbaru. Pembangunan gedung secara bertahap, tahap awal dialokasikan sebesar Rp4,4 miliar, tahap kedua senilai Rp6,5 miliar, kemudian tahap ketiga Rp27 miliar.

Gedung RCH yang nantinya digunakan sebagai wadah untuk mempromosikan dan menampilkan produk-produk ekonomi kreatif (Ekraf) masyarakat Riau dikelolah oleh UPT Bandar Seni Raja Ali Haji, Dinas Pariwisata Riau.

Sedangkan Gedung Quran Center Riau tahap pertama tahun 2021 dialokasikan anggaran Rp14,4 miliar. Kemudian tahap kedua tahun 2022 dialokasikan sebesar Rp21,6 miliar, dan tahap ketiga tahun 2023 sebesar Rp27 miliar.

Sebelumnya, Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menargetkan kedua bangunan tersebut dapat diresmikan pada Agustus 2023, sehingga bisa menjadi kado Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66 Provinsi Riau.

"Riau Creative Hub masih ada pekerjaan lagi di tahun 2023. Tapi mudah-mudahan Insya Allah pada bulan Agustus nanti gedung RCH sudah diresmikan. Karena kami berkeinginan RCH bisa menjadi hadiah ulang tahun Provinsi Riau tahun 2023. Termasuk Gedung Quran Center Riau," katanya.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar