Berkeliaran di Depan Rumah, Warga Pelalawan Serahkan Kukang ke BBKSDA Riau

Satwa liar dilindung, Kukang. (Cakaplah)

INDOVIZKA.COM - Seekor satwa dilindungi jenis Kukang jantan dewasa mendatangi rumah warga Pelalawan Riau, Ahmad Nasrio Siregar saat dia duduk di teras rumahnya.

Satwa dilindungi negara itu kemudian diserahkan ke Balai BKSDA Riau.

Warga tersebut mengaku jika Kukang ditemukan pada 9 Februari 2023 malam sekitar pukul 20.20 WIB. Kukang terlihat berjalan di atas pagar perumahan.

"Saat sedang asik bercerita, tiba-tiba saya melihat ada seekor hewan yang belum dimetahui jenisnya, jalan di atas pagar. Saya bilang sama teman 'apa itu ya? Itu seperti monyet'," kata Nasrio, Selasa (7/3/2023).

Ia pun berusaha mendekat dan mengamankan binatang primata tersebut. Sempat dikira monyet, ternyata seekor binatang pemalas alias Kukang.

"Awalnya macam anak monyet, tapi kok tidak ada ekornya. Setelah diamankan barulah tahu ternyata Kukang, tapi udah berapa kali dilepaskan balik lagi," tuturnya.

Warga itu merasa khawatir dikarenakan satwa tersebut akan diburu dan ditangkap, ia pun memutuskan menyerahkan binatang yang gerakannya lambat tersebut pada Balai BKSDA Riau di Pekanbaru.

"Dua hari setelah diamankan ini sempat hilang saat transit di rumah keluarga di Pekanbaru. Baru kemarin ketemu lagi di dekat rumah dan langsung diantar sama abang saya ke Balai BKSDA Riau," katanya.

Setiba di Balai BKSDA Riau, Kukang jantan dewasa tersebut langsung dibawa ke klinik transit. Petugas memastikan Kukang telah dilindungi karena keberadaannya terancam punah.

"Hari ini kami menerima satu ekor Kukang dari warga. Hewan primata ini dilindungi," kata dokter hewan BBKSDA Riau, Danang di kantornya.

Danang menyebut Kukang diterima dalam kondisi baik dan sehat. Namun sebelum dilepasliarkan akan diobservasi dahulu di kandang transit.

"Kami terima dalam kondisi sehat dan baik ya. Namun kami akan observasi dulu untuk beberapa hari untuk lihat perkembangan di Kukang-nya karena kondisi liar dan usianya sudah dewasa," pungkasnya. 






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar