Dinkes Inhil Lakukan Screening dan Sosialisasi Pencegahan Penularan Tuberkulosis ke WBP

Dinkes Inhil melakukan Screening serta sosialisasi pentingnya pencegahan penularan penyakit TBC kepada para Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) di Lapas Tembilahan, Selasa, (14/02/2023). (indovizka)

INDOVIZKA.COM - Bersempena dengan Hari Tuberkulosis Sedunia,Dinas Kesehatan Inhil bekerja sama dengan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tembilahan melakukan Screening serta sosialisasi pentingnya pencegahan penularan penyakit TBC kepada para Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) di Lapas Tembilahan, Selasa, (14/02/2023).

Dalam kegiatan ini Dinkes Inhil menurunkan tim dari Puskesmas Gajah Madan dan Yayasan Puri Harapan Indragiri (YPHI).

Kadinkes Inhil, Rahmi Indrasuri mengatakan kegiatan ini penting dilakukan guna menjaga kesehatan diri sendiri dan orang lain. 

“Sifat penularan TB ini sangat simpel hanya dengan berpapasan saja dengan si penderita penyakit, sehingga sangat perlu dilakukan upaya preventif agar penderita TB tidak menyebar di dalam Lapas. Apalagi lapas adalah tempat yang sangat rentan tersebarnya Virus Tuberculosis,” ucap Rahmi Indrasuri.

Ia juga mengatakan tujuan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang bahayanya TB kepada WBP, sekaligus untuk memeriksa kesehatan para WBP agar kita mengetahui penyakit ataupun kelainan yang mungkin diidap oleh para Warga Binaan.

"Pencegahan dan Pengendalian Penyakit yang dilakukan dengan cara sosialisasi dan screening telah rutin dilakukan lapas upaya untuk memaksimalkannya dilakukan dengan menggandeng stakeholder terkait," ujarnya. 

Sementara itu, Kalapas IIA Tembilahan, Hari Winarca, mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan dan WBP yang mengikuti Tuberkulosis (TBC) karena sampai saat ini salah satu masalah kesehatan masyarakat di dunia adalah TB walaupun upaya penanggulangan telah dilaksanakan di banyak Negara sejak tahun 1995.

“Pengendalian TBC merupakan salah satu program prioritas nasional dalam bidang kesehatan sebagai prioritas pembangunan nasional, bekerja sama dengan stakeholder untuk meberikan pelayanan kesehatan menjadi opsi kami untuk mengoptimalkannya," pungkasnya. 






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar