96 Personel Polhut Amankan 4 Juta Ha Kawasan Hutan, DLHK Riau Akan Tambah Personel

Ilustrasi. (Net)

INDOVIZKA.COM - Untuk penguatan pengamanan kawasan hutan di Provinsi Riau lebih kurang 4 juta hektare (Ha) lebih, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Riau masih membutuhkan banyak personel polisi kehutanan (Polhut).

Kepala DLHK Provinsi Riau, Mamun Murod mengatakan, jika saat ini pihaknya hanya memiliki 96 personel Polhut. Jumlah tersebut tentu tidak maksimal untuk melakukan kawasan hutan di Riau yang sangat luas. 

"Itu 96 personel Polhut pun banyak yang mau pensiun. Seperti tahun ini ada 5 orang pensiun, sehingga kita memang butuh tambahan kekuatan personel yang perlu direkrut. Kita perekrutan terakhir itu tahun 2014 ada 15 orang," kata Murod, Jumat (17/3/2023). 

Lebih lanjut Murod menyampaikan, jika di pulau Jawa satu personel Polhut hanya mampu melakukan pengawasan sekitar 5 ribu hektare. 

"Kita di Riau ada 4 juta hektar lebih kawasan hutan hanya memiliki 96 personel Polhut. Jadi tidak sebanding luas kawasan dengan jumlah personel," sebutnya. 

Murod menyampaikan, tahun ini DLHK Riau mendapat tambahan personel sebanyak 13 orang, dari kebutuhan 100 personel lagi. 

"Kita berharap tahun 2024 pemerintah pusat kembali memberi alokasi untuk personel Polhut, karena alokasi ini bukan dari kita tapi dari pusat," ujarnya. 

Selain itu, pihaknya berharap agar perekrutan personel Polhut tidak hanya dari Sekolah Kehutanan Menengah Atas (SKMA). Sebab kalau dari SKMA pada umumnya mereka sudah bekerja.

"Tapi kalau bisa perekrutan bisa ditutupi dari umum, sebab dari berharap dari SKMA sangat terbatas yang mendaftar. Misalnya dari sarjana hukum, karena Polhut ini kaitannya dengan penegakan hukum," tukasnya.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar