20 Hektar Lahan di Bantan Bengkalis Terbakar

Ilustrasi. (Net)

INDOVIZKA.COM - Minimnya curah hujan membuat kebakaran hutan dan lahan terjadi di Desa Kembung Luar, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Riau, Sabtu, 18 Maret 2023.

Bahkan Polres Bengkalis dan polsek jajaran langsung melakukan upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di lokasi tersebut, setelah mendapat laporan Kepala Desa Kembung Luar, Jamaluddin menyampaikan adanya kepulan asap hitam dari arah dalam hutan di Desa Kembung.

"Kami langsung menurunkan tim setelah menerima laporan dari Kepala Desa Kembung Luar, Jamaluddin terkait adanya kepulan asap hitam dari arah dalam hutan di Desa Kembung," ujar Kapolres Bengkalis, AKBP Setyo Bimo Anggoro, Minggu, (19/3/2023).

Tim Polres Bengkalis langsung menuju lokasi sumber asap dan mencari titik api karhutla, dan melakukan upaya pemadaman.Adapun tim yang terlibat pemadaman, Kapolres Bengkalis beserta 35 personel, Kapolsek Bantan beserta 10 personel, Kapolsek Bengkalis beserta 10 personel, TNI, Damkar, BPBD, Pol PP Kecamatan Bantan, Kepala Desa Jamaluddin, dan masyarakat setempat.

"Kita melakukan pemadaman yang dilakukan oleh gabungan Polsek Bantan, Polsek Bengkalis, Polres Bengkalis, MPB Desa Kembung Luar dan masyarakat setempat," jelasnya. 

AKBP Bimo menyebut luas lahan yang terbakar mencapai 20 hektare. Lahan tersebut merupakan lahan bekas tanaman industri (jenis akasia,red) milik PT RRL namun pada tahun 2020 telah dikembalikan ke negara.

Namun untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. 

"Lahan yang terbakar ditumbuhi pohon akasia. Tim gabungan akhirnya berhasil memadamkan api dan kembali ke posko masing-masing," pungkasnya






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar