6 Manfaat Rebusan Daun Dibawah Ini Bisa Turunkan Gula Darah

Ilustrasi. (Net)

INDOVIZKA.COM - Kadar gula darah tinggi bisa dikontrol dengan membuat beberapa perubahan pola makan dan gaya hidup, termasuk mengonsumsi air rebusan daun. Ada beberapa air rebusan daun untuk menurunkan gula darah.

Penting bagi setiap orang untuk menjaga kadar gula darah tetap sehat, utamanya mereka yang mengidap penyakit diabetes. Kadar gula darah yang terlalu tinggi bisa memicu sejumlah masalah.

Pada dasarnya, tak ada patokan soal kadar gula darah normal. Kadar gula darah akan berubah-ubah setiap waktu. Seiring dengan olahraga dan obat-obatan tertentu, pola makan juga membantu menurunkan kadar gula darah.


Ada beberapa air rebusan daun yang dapat membantu menurunkan gula darah. Mengutip berbagai sumber, berikut di antaranya.

1. Daun sage
Sage adalah tanaman herbal yang masih satu famili dengan oregano, daun basil, rosemary, dan thyme. Selain kerap digunakan untuk meningkatkan aroma pada masakan, sage juga punya fungsi penting untuk kesehatan.

Dari hasil studi menunjukkan bahwa ekstrak sage efektif mengurangi kadar glukosa darah dan meningkatkan sensitivitas insulin dengan efek yang sama seperti obat anti-diabetes.

Selain itu, daun sage yang dijadikan teh dan dikonsumsi seperti minuman pada umumnya ini bisa bertindak seperti metformin, yaitu obat untuk mengontrol gula darah.

2. Daun kelor
Daun kelor merupakan daun asal India yang telah digunakan sebagai pengobatan tradisional selama ribuan tahun. Daun ini dikenal kaya akan antioksidan, asam amino, vitamin, dan mineral.

Kelor mengandung asam klorogenik yang telah terbukti dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dan memungkinkan sel untuk mengambil atau melepaskan glukosa sesuai kebutuhan.

Selain asam klorogenik, senyawa isothiocyanate yang terkandung dalam daun kelor juga mampu memberikan perlindungan alami terhadap diabetes. Daun kelor juga memiliki efek positif pada kontrol glukosa darah dan kadar insulin pada pasien dengan diabetes

3. Daun mangga
Kebanyakan orang menyingkirkan daun mangga karena dianggap tak bermanfaat. Tapi pada kenyataannya, daun mangga, terutama air rebusannya, punya manfaat untuk mengatasi banyak penyakit.
Melansir India.com, daun mangga dikenal memiliki banyak kandungan nutrisi seperti pektin, serat, dan vitamin C. Nutrisi ini akan membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Selain itu, air rebusan daun mangga akan meningkatkan produksi insulin dalam tubuh, melancarkan distribusi glukosa dan menstabilkan tingkat gula darah.

Untuk membuatnya, rebus 15 lembar daun mangga segar dengan 100-150 mililiter air. Diamkan air rebusan semalaman dan minum saat sarapan.

4. Daun salam
Daun salam yang memiliki cita rasa dan aroma gurih banyak digunakan untuk teh. Teh daun salam bermanfaat bagi tubuh dengan caranya sendiri yang cukup unik.

Melansir Healthline, manfaat rebusan daun salam dalam bentuk teh dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2. Pakar kesehatan mengatakan hal ini karena selain mendukung kesehatan jantung, konsumsi daun salam juga dapat membantu mengatur dan menurunkan tekanan darah.

5. Daun kari
Berdasarkan hasil penelitian, daun kari kaya akan senyawa seperti alkaloid, glikosida, senyawa fenolik, linalool, alpha-terpinene, hingga caryophyllene yang berfungsi sebagai antioksidan alami untuk menjaga daya tahan tubuh supaya tetap sehat.

Dengan mengonsumsi daun kari dalam menu makanan sehari-hari, gula darah Anda bisa jauh lebih terkontrol sehingga efektif menekan risiko penyakit diabetes.

Manfaat lain daun kari cukup efektif untuk melindungi sel pankreas dari insulin supaya terhindar dari kerusakan organ akibat kadar gula berlebih.

6. Daun fenugreek
Daun fenugreek adalah salah satu sayuran berdaun hijau yang paling sehat. Ramuan serbaguna ini berasal dari keluarga kacang-kacangan dan telah digunakan dalam masakan sebagai agen penyedap selama beberapa dekade.

Studi menunjukkan bahwa fenugreek membantu mengatur glukosa. 4HO-Ile adalah asam amino yang ada dalam fenugreek dengan sifat anti-diabetes yang dapat merangsang sekresi insulin dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Oleh karena itu, hal ini membantu menjaga kadar glukosa darah tetap stabil.

Dengan demikian, daun fenugreek juga menjadi salah satu air rebusan daun menurunkan gula darah.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar