Wako Dumai Harapkan Kompetensi Guru Meningkat Dalam Pembelajaran Berbasis HOTS

Walikota Dumai membuka pelatihan implementasi HOTS berbasis digital yang digelar FKIP Unri. (Haloriau)

INDOVIZKA.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Dumai berkolaborasi dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau menggelar pelatihan implementasi Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Pelatihan pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi berbasis digital ini dalam pembelajaran abad ke-21 bagi guru SMP se-Kota Dumai. Berlangsung secara hybrid di Balai Sri Bunga Tanjung pada Sabtu (15/7/2023).

Pelatihan dibuka secara resmi oleh Walikota Dumai, Paisal. Turut hadir Asisten II (Perekonomian dan Pembangunan) Sekretariat Daerah Kota Dumai, Syahrinaldi dan Kepala Disdikbud Dumai, Yusmanidar.

Kegiatan itu juga diperkuat dengan materi yang disampaikan Dekan FKIP Universitas Riau (Unri), Prof Dr Mahdum. Juga narasumber dari Malaysia, yakni Prof Madya Dr Abdul Talib Bin Mohamed Hashim (Dean Faculty of Human Development Universiti Pendidikan Sultan Idris) dan Prof. Dato' Indera Dr. Abdul Razak Bin Ahmad (Universiti Kebangsaan Malaysia).

Dalam sambutannya, Walikota Dumai, Paisal mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan pelatihan implementasi HOTS berbasis digital dalam pembelajaran abad ke-21 bagi guru SMP di Dumai Kota Idaman.

Menurutnya, di era teknologi digital pembelajaran yang bermutu berbasis HOTS atau ketrampilan berpikir tingkat tinggi menjadi penting. Sebagai modal bagi anak didik menghadapi tantangan di abad 21 ini.

"Ikuti pelatihan ini dengan baik, kami berharap ilmu yang sampaikan oleh narasumber nantinya dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bapak ibu guru dalam mengembangkan pembelajaran berbasis HOTS. Serta meningkatkan keterampilan guru dalam mengembangkan bahan ajar berbasis HOTS untuk siswa-siswanya," tuturnya.

Disisi lain, Dekan Mahdum mengungkapkan tahun 2023 ini, FKIP Universitas Riau melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di 15 daerah di kabupaten/kota se-Riau.

Melalui pelatihan implementasi HOTS atau pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi berbasis digital untuk guru SMP se-Kota Dumai ini, diharapkan bisa meningkatkan kompetensi guru. Agar proses pembelajaran lebih efektif dan mudah tersampaikan kepada pelajar.

"Kami berharap pelatihan ini dapat mendukung percepatan transformasi pendidikan, khususnya tenaga pendidik, agar dapat mengikuti, adaptif dan responsive terhadap perubahan," pungkasnya.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar