6 Warga Pekanbaru Terinfeksi Rabies

Ilustrasi. (Net)

INDOVIZKA.COM - Sebanyak enam warga Kota Pekanbaru dikabarkan positif rabies. Mereka terjangkit rabies setelah digigit hewan peliharaan seperti kucing, anjing dan kera.

Enam orang yang positif rabies itu diketahui setelah dilakukan pemeriksaan lanjutan dari 162 orang warga digigit hewan peliharaan.

Kasi Kesehatan Hewan (Keswan) dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Pekanbaru, Dokter Hewan (drh) Rita Setyawati mengatakan, ada 162 orang yang digigit hewan peliharaan.

"Sekitar 162 orang yang melaporkan digigit hewan peliharaan. Namun dari jumlah tersebut, orang yang positif sekitar enam orang," ujar Rita, Kamis (20/7/2023).

Pihaknya mengaku banyak dimintai untuk vaksinasi rabies. Ada peningkatan permintaan vaksinasi rabies akhir-akhir ini.

Dengan peningkatan permintaan vaksinasi rabies, Ia menilai kesadaran masyarakat tinggi terhadap virus rabies tersebut. Laporan terhadap masyarakat yang digigit hewan berpenyakit rabies juga tinggi.

"Kesadaran masyarakat juga tinggi terhadap virus rabies. Kasus pelaporan orang tergigit hewan berpenyakit rabies juga tinggi," ungkapnya.

Untuk itu, Distankan Pekanbaru, memberikan vaksinasi rabies ini secara gratis. Bagi warga yang ingin memvaksin hewan peliharaannya bisa datang ke Kantor Distankan Pekanbaru.

Tak hanya itu, pelayanan vaksinasi rabies juga dibuka di Puskeswan Tenayan setiap Selasa pada pukul 09.00-12.00 WIB. Vaksinasi rabies juga bisa di Puskeswan Rumbai setiap Rabu pukul 09.00-12.00 WIB.

"Vaksinasi rabies gratis. Yang penting, hewan sehat dan berumur di atas tiga bulan," sebutnya.

Ia menyebut, dokumen tanda adopsi hewan peliharaan tak diperlukan. Malahan, Distankan yang akan memberi buku vaksin sebagai tanda hewan tersebut sudah divaksin rabies.

Terkait enam orang yang terjangkit rabies, Kepala Distankan Pekanbaru, M Firdaus mengaku belum mengetahui informasi tersebut.

"Nanti kita konfirmasi dulu ya, nanti kita telpon lagi," ucapnya melalui panggilan WhatsApp, Kamis (20/7/2023).






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar