Pemprov Riau Terus Tingkatkan Digitalisasi Layanan Masyarakat

Sekdaprov Riau, SF Hariyanto.(foto: mcr)

INDOVIZKA.COM - Sejauh ini sudah ada beberapa model pelayanan yang sudah ditingkatkan dengan menggunakan sistem digital melalui inovasi dan terobosan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Diantaranya, aplikasi Cik Puan Rika, yang melayani pengaduan dari masyarakat terkait kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan anak serta sebagai wadah informasi terkait pelayanan kepada masyarakat.

"Kemudian ada juga sistem informasi laporan situasi dan kondisi daerah (LAPSITD) yang berfungsi sebagai laporan situasi disetiap daerah di provinsi riau," kata Sekdaprov Riau, SF Hariyanto di Ruang Rapat Paripurna DPRD Riau, Selasa (3/8/2023).

Lanjutnya, selain itu juga ada sistem informasi SIYANMAS yang berfungsi sebagai sistem database sekaligus pelayanan administrasi Organisasi Masyarakat (Ormas) yang berada di Riau. Digitalisasi pelayanan perizinan (Persetujuan Lingkungan) atau pelayanan perizinan secara elektronik.

"Ini dilakukan untuk lebih memudahkan masyarakat dalam pengurusan izin serta mencegah terjadinya pungli/gratifikasi," terangnya.

Dikatakan SF Hariyanto, Permohonan Izin Persetujuan Lingkungan dari masyarakat yang diproses hanya yang masuk melalui aplikasi Sistem Informasi Persetujuan Lingkungan atau disingkat SIPERLING.

"Tentunya ada banyak inovasi lainnya yang akan terus ditingkatkan sebagai wujud memenuhi pelayanan terhadap masyarakat luas," tukasnya






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar