Bahaya Minum Sambil Berdiri, Bisa Sebabkan Banyak Penyakit

Ilustrasi

INDOVIZKA.COM- Apa asupan air dalam tubuh anda sudah cukup? Apakah anda sudah rajin minum air putih agar tubuh tetap terhindrasi dengan baik?

Minum air dengan cukup sangat penting untuk tubuh. Selain menghindari dehidrasi, minum air juga dapat membantu menjaga kestabilan elektrolit dan mengeluarkan racun dalam tubuh.

Tapi cara minum air yang kurang tepat justru bisa membuat kesehatan terganggu. Salah satunya adalah minum air sambil berdiri.

Bagi beberapa orang hal ini terlihat biasa, tapi sebetulnya minum air sambil berdiri bisa sebabkan beberapa masalah untuk tubuh.

Seperti yang dimuat dalam laman Delish, minum air sambil berdiri akan membuat tubuh menyerap cairan lebih cepat.

Kondisi ini akan sebabkan tubuh juga memerlukan lebih banyak oksigen sehingga bisa sebabkan masalah pada jantung dan paru-paru karena tubuh akan mengambil pasokan oksigen dengan cepat.

Selain itu, dalam laman Timeofindia.com juga disebutkan beberapa masalah yang ditimbulkan dari kebiasaan ini, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Masalah Ginjal

Tahukah anda bahwa minum air berdiri akan mempengaruhi kesehatan ginjal anda?

Minum sambil berdiri akan membuat aliran air ke ginjal dalam tekanan yang tinggi. Sehingga bisa memberatkan kerja ginjal.

Selain itu, air yang diminum akan lebih cepat menuju kendung kemih sehingga tidak membersihkan ginjal dengan sempurna.

2. Nyeri Sendi

Minum sambil berdiri berpotensi memicu ketidakseimbangan cairan dalam tubuh dan memicu penumpukan cairan dalam tubuh, terutama pada area sendi. Hal inilah yang sebabkan nyeri sendi.

3. Perut Kembung

Minum sambil berdiri bisa membuat air masuk ke dalam perut dengan cepat dan tidak melewati usus dengan baik sehingga memicu kembung.

Selama ini banyak beredar informasi bahwa anjuran minum air putih adalah sebanyak delapan gelas atau dua liter dalam sehari.

Ada juga yang menyarankan tidak perlu repot menakarnya, cukup minum saat haus saja.

Manfaat Air Putih

Tubuh terdiri dari 60 persen air dari bobot berat badan kita. Tubuh kita pun secara alami mengeluarkan air, terutama melalui urine dan keringat.

Cairan dalam tubuh tersebut berguna untuk membuang racun dari organ, mengedarkan nutrisi ke tubuh, membantu pencernaan, dan menjaga kinerja otak supaya tetap optimal.

Selain itu, asupan cairan yang cukup juga akan mencegah sembelit, batu ginjal, hingga kulit kering.

Berikut beberapa manfaat air putih yang perlu kamu tahu, antara lain:

1. Meningkatkan fungsi otak.
2. Melancarkan sistem pernapasan.
3. Menjaga kesehatan kulit.
4. Menurunkan kelebihan berat badan.
5. Menjaga kesehatan ginjal.

Air putih memang terlihat sebagai minuman sederhana, tetapi memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. 

Oleh karena itu, mulai sekarang kita tidak boleh malas untuk meminum air putih. Karena langkah ini akan mengubah kesehatan kita jadi lebih baik untuk jangka panjang.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar