Kemenkeu: THR Pensiunan PNS Hingga Veteran Sudah Mulai Cair Hari Ini

ilustrasi

JAKARTA - Kementerian Keuangan memastikan THR bagi pensiunan PNS hingga veteran polri dan TNI, sudah mulai cair pada hari ini, Jumat (15/5).

Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu, Andin Hadiyanto, mengatakan proses pencairan sudah mulai dilakukan dan diharapkan bisa selesai semuanya dalam kurun waktu sehari ini.

"Pensiunan diharapkan hari ini (THR) cair semua," ujar Andin, Jumat (15/5).

Sebelumnya, PT Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau Taspen memastikan akan membagikan THR bagi pensiunan PNS, TNI, hingga penerima tunjangan veteran secara serentak pada Jumat (15/5).

Kebijakan tersebut sesuai instruksi Menteri Keuangan Sri Mulyani. Adapun dasarnya adalah Peraturan Menteri Keuangan RI nomor 49/PMK.05/2020 tanggal 11 Mei 2020 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian THR PNS, Prajurit TNI, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat Negara, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Yang Bersumber dari APBN serta Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 2020.

SVP Sekretaris Perusahaan Taspen, M. Ali Mansur, mengatakan THR yang diberikan sebesar penghasilan Maret 2020. THR tidak dikenakan potongan iuran atau potongan lain kecuali potongan pajak penghasilan sesuai ketentuan perundang-undangan dan ditanggung pemerintah.

Komponen penghasilan THR tahun 2020 bagi para Penerima Pensiun dan Penerima Tunjangan meliputi pensiun pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan tambahan penghasilan tanpa tunjangan beras dan hanya dikenakan potongan pajak.

"Bagi Penerima Pensiun atau Penerima Tunjangan yang menerima lebih dari satu penghasilan yang sama-sama bersumber dari APBN, hanya diberikan salah satu yang lebih menguntungkan," kata dia , Kamis (14/5).

Untuk lebih jelas terkait informasi atas pembayaran THR 2020, dapat menghubungi kantor Taspen terdekat atau call center 1 500 919.**

 






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar