Bawaslu dan PWI Meranti Umumkan Pemenang Lomba Video Pilkada Meranti


MERANTI (INDOVIZKA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepulauan Meranti mengumumkan pemenang Lomba Video Pilkada Serentak 2020. Pengumuman dilaksanakan di kantor PWI Kepulauan Meranti Jalan Durian Selatpanjang, Kamis (24/12/20) sore.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua PWI Kepulauan Meranti Syamsidir Salim SPd dan Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti, Syamsurizal SIP.

Saat itu hadir juga Kordinator Divisi SDM Organisasi dan Data Mohammad Zaki SPd, Divisi (Kordiv) Pengawasan Humas Hubungan Lembaga Bawaslu Kepulauan Meranti Romi Indra SE. Serta beberapa orang jajarannya.

Syamsurizal dalam sambutannya mengatakan, ide untuk menggelar lomba muncul ketika berbincang-bincang dengan beberapa anggota PWI Kepulauan Meranti beberapa waktu lalu. Tujuannya, untuk mewujudkan dan meningkatkan partisipasi masyarakat agar ikut bersama-sama melakukan pengawasan seluruh tahapan Pilkada yang saat ini masih berlangsung.

"Pasalnya menuju Pilkada yang bermartabat harus didukung oleh semua pihak. Dengan demikian, Bawaslu yang diamanatkan oleh undang-undang selalu berupaya untuk mengajak masyarakat agar aktif terlibat. Karena kami tidak bisa bekerja sendiri. Salah satunya dengan cara mengadakan lomba seperti ini," ujarnya.

Terhadap suksesnya acara itu, Syamsurizal juga mengaku senang bisa ambil bagian dalam lomba perdana yang mereka adakan tersebut. Ia menilai dengan tingginya partisipasi peserta lomba secara umum, tentu punya nilai tambah tersendiri bagi mereka.

"Iya ada kebanggaan tersendiri. Pasalnya, selain masyarakat, seluruh video yang diikutsertakan oleh peserta lomba, juga dipantau oleh Bawaslu Riau, hingga Bawaslu RI. Untuk itu kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta dan PWI Kepulauan Meranti atas kerjasamanya sejauh ini," ungkapnya.

Senada juga disampaikan oleh Ketua PWI Kepulauan Meranti Syamsidir Salim ketika itu. Ia memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran Bawaslu telah memberikan kepercayaan kepada PWI Meranti sebagai pelaksana lomba terkait. Hendaknya, kerjasama tersebut dapat berlanjut.

"Selain meningkatkan partisipasi pengawasan Pilkada, tentu tujuan lomba tidak lain adalah meningkatkan kreatifitas generasi muda Meranti dalam mengolah pesan dan makna menjadi sebuah karya audio-visual yang dapat dinikmati publik. Tentunya bersifat informatif dari setiap tema yang kita angkat," ujarnya.

Kepada perta yang dinyatakan menang atau mendapat penghargaan, diminta agar tidak cepat puas. Sementara kepada peserta yang belum berhasil jangan merasa kecewa. Hendaknya teruslah berkarya.

Dari laporan yang disampaikan oleh Ketua Juri Lomba Video Pilkada Meranti, Rudi Rizal, lomba tersebut diikuti belasan peserta. Namun ia menyayangkan masih ada peserta yang tidak memenuhi syarat.

"Setelah melewati tahapan pengumpulan berkas peserta pada 20 Desember 2020 lalu, proses penjurian berlangsung alot dari tiga orang juri. Termasuk saya sendiri. Dari hasil seleksi penjurian yang dipastikan cukup objektif, maka mengerucut enam karya terbaik dari seluruh peserta," ujarnya.

Pemenang Lomba Video Pilkada Meranti 2020 dengan sub tema Ciptakan Pilkada Aman, Damai, Berkualitas Masa Pandemi Covid-19 adalah terbaik I Heru Sandra, terbaik II Wan Fahmi dan terbaik III Miswandi. Sementara juara harapan I Gussandra, juara harapan II Reza Insanuddin, juara harapan III Ismaniar. Total hadiah yang disiapkan panitia untuk semua pemenang lomba video sebesar Rp20 juta.

Ditambahkan oleh Ketua PWI Kepulauan Meranti Syamsidir, saat ini terdapat dua agenda lomba yang masih menunggu pengumuman hasil penjurian. Panitia masih mencari waktu yang tepat.

Adapun lomba yang dimaksud diantaranya lomba foto bersama Polres dan lomba karya tulis jurnalistik bersama KPU Kepulauan Meranti. "Untuk itu kami berharap seluruh peserta dapat memantau informasi dari media sosial masing masing penyelenggara. Walaupun demikian, kami sedang mencari waktu yang tepat agar diumumkan segera," ujarnya.






Tulis Komentar