Nongkrong di Taman Syarifah Sembilan Siak Berasa Sedang di Luar Negeri

Taman Syarifah Sembilan di Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau

SIAK (INDOVIZKA) - Warga Kabupaten Siak tak perlu jauh-jauh berlibur ke luar negeri untuk cari spot foto yang instagramable.

Cobalah untuk mengunjungi Taman Syarifah Sembilan di Jalan Hangtuah, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak. Di sana ada ruang terbuka hijau (RTH) yang tak kalah keren dengan negeri luar, cocok dijadikan tempat nongkrong pagi, sore, dan malam hari. 

Taman ini belum lama diresmikan oleh Pemerintah Kabupaten Siak pada Bulan September 2020 lalu.

Wisatawan domestik dari berbagai daerah pun sudah ramai berkunjung ke sana. Rata-rata membawa keluarga untuk liburan saat weekend. 

Para pedagang kaki lima yang juga memanfaatkan moment ini untuk berjualan jajanan di sekitar taman tersebut, semakin menambah kesan ramai di sana. 

Beberapa bangunan ikonik seperti miniatur jembatan kupu-kupu, sekilas tampak seperti dedaunan yang diterangi lampu warna-warni menambah kemolekannya di malam hari. 

Kemudian lampu yang berjejer mirip pedestrian dan indahnya susunan taman bunga menjadi daya tarik untuk berkunjung ke sana.

Bukan hanya muda-mudi saja, para orang tua juga banyak yang membawa keluarganya bermain dan berfoto di sana. 

Salah seorang pengunjung bernama Sari (23) warga Kecamatan Siak datang bersama kekasihnya mengaku hampir setiap weekend atau libur nongkrong di taman itu. Menurutnya, Kecamatan Sungai Apit sekarang menjadi salah satu tujuan wisata bahkan oleh orang luar daerah. 

"Banyak angel bagus untuk berfoto-foto di taman ini. Selain itu juga cocok jadi tempat bersantai," katanya saat berbincang beberapa waktu lalu. 

Ia berpendapat, jika lantai yang ada di taman itu diberi warna akan lebih menarik. "Biar selaras sama taman bunganya," sambungnya. 

Rahmat (35) warga Kecamatan Sungai Apit yang berkunjung bersama isteri dan anaknya juga mengaku sering bermain di sekitar taman tersebut. Ia mengatakan taman itu bisa sebagai tempat refreshing dan hiburan. 

"Sering ajak keluarga ke sini, tempat santai selepas pulang kerja," katanya.

Menurutnya, beberapa fasilitas penting belum tersedia di sana, pengunjung masih kebingungan untuk mencari tempat duduk.

"Tempat duduknya belum ada, kami harus pinjam ke pedagang di sekitar taman. Mungkin karena memang belum dilengkapi tapi mudah-mudahan ke depan semua fasilitas ada," harapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Permukiman (PU Tarukim), Irving Kahar melalui Kabid Pertamanan dan Permakaman, Izram mengatakan pembangunan Taman Syarifah Sembilan itu akan berlanjut tahun ini.

Masih ada item pekerjaan yang belum tercapai di tahun 2020 sebab anggaran direfocusing atau dialokasikan untuk penanganan Covid-19. 

"Insya Allah tahun ini pemasangan granit pada lantai taman, fungsi panggung untuk pemuda dan kalau jadi sekaligus lahan parkir," jelas Izram dikonfirmasi INDOVIZKA.com, Sabtu (21/2/2021). 

Menariknya, di depan lokasi RTH itu juga ada waterfront city di tepian dermaga Kecamatan Sungai Apit, berjarak sekitar 100 meter dari taman itu. Masyarakat di sana menyebutnya dengan "Turap Singapore". Dua lokasi tersebut menjadi daya tarik wisata di Kecamatan Sungai Apit.






Tulis Komentar