Tahun Ini Inhil Dapat Jatah Program Replanting Kelapa Seluas 200 Ha


PEKANBARU (INDOVIZKA) - Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) tahun 2021 mendapat program peremajaan (replanting) kelapa seluas 200 hektare (Ha).

Program peremajaan kelapa tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja (APBD) Provinsi Riau dan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2021.

Demikian diutarakan Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau, Zulfadli kepada INDOVIZKA.com, Ahad (28/2/2021) di Pekanbaru.

"Tahun ini Kabupaten Inhil mendapat bantuan program replanting kelapa seluas 200 Ha. Dimana 100 Ha bersumber dari APBD Riau dan 100 Ha lagi dari APBN," katanya.

Lebih lanjut Zulfadli menjelaskan, tanaman kelapa di Negeri Seribu Parit terluas di Indonesia, seluas sekitar 400 ribu Ha. Namun perkebunan dan produktivitas tanaman kelapa setiap tahun mengalami penurunan.

"Kalau sekarang luas kebun kelapa di Inhil sudah dibawah 400 ribu Ha. Persoalannya mungkin kelapa tidak produktif, sehingga petani beralih ke sawit," terangnya.

Persoalan lain, tambah Zulfadli, berdasarkan tinjauan pihaknya, perkebunan kelapa di Kabupaten Inhil banyak masuk kawasan hutan.

"Itu juga menjadi kendala dalam pelaksanaan program replanting tanama kelapa di Inhil," cakapnya.***






Tulis Komentar