Cegah Karhutla, Komunitas di Rohul Bentuk Relawan "Pemburu Karhutla"


ROHUL (INDOVIZKA) - Dampak buruk kebakaran hutan dan lahan memantik semangat sejumlah Komunitas berpartisipasi langsung dalam upaya penanggulangan dan pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kabupaten Rokan Hulu.

Salah satunya seperti pembentukan Relawan Pemburu Karhutla yang digagas Komunitas Pencinta olah Raga Terabas, X-TAR dan Komunitas Pencinta Alam (KPA) Suluk.

Relawan Pemburu Karhutla ini dikukuhkan langsung Kapolres Rokan Hulu AKBP Taufik Lukman Nurhidayat di Objek Wisata Hapanasan, Desa Sialang Jaya, Kecamatan Rambah, Rabu (17/3/2021).

Turut hadir dalam pengukuhan tersebut Sekdakab Rohul H. Abdul Haris, Wakapolres Rohul Kompol Wily Kartamanah, Kasat Binmas AKP Hermawan, Kalaksa BPBD H. Zulkifli Said, Ketua X-TAR Rohul H. Busman dan Ketua KPA Suluk H. Maratua Daulay.

Ketua umum X-TAR Rohul H. Busman mengungkapkan, pembentukan Relawan Pemburu Karhutla ini merupakan bentuk keterpanggilan X-TAR dan KPA Suluk menjaga alam dari ancaman kebakaran hutan dan lahan.

"Apalagi, kegiatan X-TAR ini memang sebagian besar itu beradventure ke hutan-hutan. Jadi saat melakukan kegiatan adventure, kami langsung memantau dan mengajak masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar," cakap pria yang biasa disapa Ujang Lembaga.

Kapolres Rohul AKBP Taufik Lukman Nurhidayat mengapresiasi pembentukan Relawan Pemburu Karhutla ini. Menurutnya, terbentuknya relawan Pemburu Karhutla ini menandakan kepedulian masyarakat khususnya generasi muda untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan sudah mulai tumbuh.

Kapolres menambahkan, meskipun di Rohul belum ditemukan titik api namun upaya pencegahan harus terus digalakkan.

Di tempat yang sama, Sekda Rohul Abdul Haris menyatakan, tumbuhnya kepedulian masyarakat terhadap isu lingkungan khususnya kebakaran hutan dan lahan menjadi penyemangat tersendiri bagi pemerintah daerah serta instansi yang terlibat dalam penanganan Karlahut.

Sebagai tindak lanjut, Pemkab Rohul akan menyurati seluruh Camat dan Kades untuk membentuk relawan di daerah masing-masing agar Tindakan pencegahan ini dapat maksimal dilakukan, Sehingga Predikat daerah Zero Spot Fire seperti tahun 2019 dan 2020 bisa dipertahankan di tahun 2021 ini.

Dalam pengukuhan Relawan Pemburu Karhutla ini, juga diberikan pelatihan teknik pemadaman kebakaran yang dipandu oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohul.***






Tulis Komentar