Dihadiri Ketua PWI Pusat, Pelantikan Pengurus PWI Kampar Meriah


KAMPAR (INDOVIZKA) - Pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kampar masa bakti 2020-2023 yang dihadiri Ketua Umum PWI Pusat, Rabu (17/3/2021) berlangsung meriah.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut Ketua Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Pusat Indah Kirana, jajaran pengurus PWI Riau, Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto, Wakil Ketua DPRD Kampar Repol, Kapolres Kampar AKBP M. Kholid dan Dandim 0313/KPR yang diwakili Pasi Pers Kapten Diding Sukarding.

Turu hadir Kepala Kejaksaan Negeri Kampar yang diwakili Kasi Intel Silfanus Manulang, Danyon 132 BS Mayor Inf. M Syafi'i Nasution, para kepala OPD dilingkungan Pemkab Kampar, pimpinan organisasi kemasyarakatan, pimpinan bank, alim ulama, tokoh masyarakat dan insan pers di Kabupaten Kampar khususnya anggota PWI Kabupaten Kampar.

Bupati Kampar dalam sambutannya menegaskan bahwa Pemkab Kampar selama ini menilai bahwa PWI Kampar telah banyak membantu Pemkab dan menjalin kemitraan dengan baik dan saling bersinergi. Pemkab juga telah membuktikan komitmennya dengan membangun gedung PWI.

Pemerintah membutuhkan pers, sebaliknya insan pers juga membutuhkan pemerintah daerah. Hal ini karena salah satu sumber berita adalah pemerintah daerah.

Oleh karena itu, insan pers dan Pemerintah kabupaten Kampar saling berkerjasama dengan baik, bersinergi dalam rangka percepatan pembangunan, saling memberikan kontribusi, kepedulian, pertanian, tolong menolong dan bahu membahu.

Sementara itu, Ketua PWI Riau Zulmansyah menekankan pentingnya setiap anggota PWI menjalankan segala aturan seperti UU Pers, PD/PRT, KEJ dan KPW. Ia juga berharap anggota PWI Kampar menjadi agen untuk mensosialisasikan Undang-undang pers.

Sementara itu, Ketua PWI Pusat Atal S Depari mengaku berbangga hati dengan rangkaian acara pelantikan PWI yang menurutnya sangat luar biasa. Antusiasme pejabat dan tokoh masyarakat tampak pada kegiatan pelantikan PWI Kampar termasuk ucapan selamat melalui karangan bunga yang mencapai ratusan buah.

Sehari sebelum pelantikan, sejumlah wartawan juga mendapat pembekalan dalam kegiatan Orientasi dan Sosialisasi PD, PRT, KEJ dan KPW PWI bagi pengurus dan anggota PWI Kampar di aula kantor Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Kampar.

Wartawan senior Suara Karya ini menyebut bahwa organisasi PWI menekankan peningkatan keahlian anggota sehingga memiliki menjadi jurnalis yang profesional. Ia juga menjelaskan bagaimana wartawan yang bermartabat sesuai tema pelantikan PWI Kampar kali ini yakni Bersama PWI Wujudkan "Pers Bermartabat dan Berkontribusi Dalam Pembangunan".

"Saya melihat pelantikan ini luar biasa, rasanya saya iri dengan Ketua PWI Kampar, karangan bunganya banyak banget," ungkap Atal berseloroh.

Usai pelantikan, acara dilanjutkan dengan peletakan batu pertanda dimulainya pembangunan Gedung PWI Kabupaten Kampar yang terletak di Jalan A. Yani Kecamatan Bangkinang Kota.

Ketua PWI Kampar Akhir Yani dalam kesempatan ini juga menyampaikan usulan kepada Ketua PWI Pusat agar memberikan anugerah pena emas kepada Bupati Kampar karena telah memberikan perhatian kepada PWI Kampar terutama dalam hal kesediaan Pemkab Kampar membangun gedung PWI Kampar.

Akhir Yani menambahkan, disamping berperan dalam mendukung pembangunan melalui berita-berita positif, wartawan juga tidak boleh lepas dalam perannya menjalankan kontrol sosial melalui berita kritikan yang konstruktif.

 






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar