Vaksinasi Kelompok Lansia di Pekanbaru Masih Rendah

Vaksinasi kelompok lanjut usia (lansia) di Kota Pekanbaru masih rendah.

PEKANBARU (INDOVIZKA) - Vaksinasi kelompok lanjut usia (lansia) di Kota Pekanbaru masih rendah. Dari 24.493 lansia yang tercatat, baru 4.403 saja yang sudah divaksin.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru M Noer MBS mengatakan, vaksinasi bagi kelompok Pelayanan Publik dan masyarakat lansia masih terus berlangsung.

Kelompok Lansia ini merupakan prioritas penerima vaksin. Sebagian besar calon penerima vaksin merupakan Lansia. Hal ini guna menekan angka kematian. Yang banyak meninggal pasien usia lanjut," kata dia usai rapat evaluasi, kemarin.

Sementara, saat ini jumlah pelayanan publik yang telah dilakukan vaksinasi mencapai 2.552 orang, dari total penerima vaksin sebanyak 2.589 orang.

"Artinya proses vaksinasi kelompok pelayanan publik hampir rampung, atau yang sudah kita vaksin mencapai 98,57 persen dari target," kata M Noer.

Jumlah vaksin lansia baru mencapai sekitar 17,98 persen dari target. Rendahnya capaian progres vaksinasi bagi kelompok Lansia, akibat adanya penundaan vaksinasi.

Penerima vaksin kelompok Lansia mengalami penundaan vaksin karena tidak lolos pemeriksaan kesehatan jelang vaksin. Sebagian besar memiliki komorbid atau penyakit penyerta seperti tensi tinggi dan kadar gula yang tidak normal.






Tulis Komentar