Tingkatkan Pengawasan di Perairan Riau, Kapolda Resmikan Kapal Pemburu Cepat Lancang Kuning IV-2006


PEKANBARU, (INDOVIZKA) - Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Effendi memberikan nama dan meresmikan pemakaian kapal patroli baru milik Direktorat Polisi Perairan (Ditpolair) Polda Riau yang akan digunakan untuk meningkatkan kinerja pengawasan di wilayah perairan Provinsi Riau, Rabu (30/6/2021).

Peresmian Kapal Pemburu Cepat (KPC) Lancang Kuning IV-2006 tersebut ditandai dengan pemotongan pita dan pemecahan kendi oleh Kapolda Riau.

Kapolda Riau dalam sambutannya mengatakan, dalam literature resmi, Lancang Kuning adalah kendaraan Raja untuk mengarungi sungai dan lautan, terakhir digunakan oleh Sultan Siak yaitu, Datuk Laksamana yang berkedudukan di Bukit Batu. 

Menurut budayawan Riau, Tenas Efendi, Lancang berarti kapal besar. Kapal ini juga merupakan komando armada perang di lautan yang dikendalikan laksamana atau Raja. Sedangkan Kuning sendiri merupakan lambang keemasan, kemewahan, kemegahan dan masa keemasan. 

Masih kata Irjen Agung, Lancang kuning merupakan kendaraan/kapal raja-raja untuk mengarungi sungai dan lautan yang disebut Laksmana Raja Dilaut.

“Lancang kuning juga disebut sebagai pemersatu antara pulau-pulau dalam bentangan rumpun melayu, dengan demikian Lancang Kuning menandakan Riau sebagai kerajaan melayu yang sangat menguasai maritim," ujar Irjen Agung dalam sambutannya.

Dihadapkan dengan tantangan tugas semakin berat kedepanya pimpinan Polda Riau mengambil langkah langkah strategis dalam mengantisipasi para pelaku tindak pidana di wilayah hukum perairan Polda Riau.

"Pemberian Nama KPC Lancang Kuning didasari oleh kemampuan berakselerasi dan bermanuver yang dimiliki kapal itu sendiri, diharapkan dengan pemberian nama KPC Lancang Kuning IV-2006 dapat mengulang kembali kejayaan dan kegemilangan Riau di wilayah maritim," kata Irjen Agung.

Agung berharap KPC Lancang Kuning IV-2006 tersebut, selain untuk kepentingan tugas kesatuan juga nantinya dapat memberikan layanan kepada masyarakat Riau.

Sementara itu Dirpolairud Polda Riau Kombes Pol Eko Irianto mengatakan dengan adanya kapal ini, akan memperkuat armada kapal Ditpolairud Polda Riau dalam melaksanakan tugas-tugas kepolisian diwilayah perairan Riau.

"Kapal ini akan digunakan untuk meningkatkan efektivitas pengamanan diwilayah perairan Riau. Spesifikasi teknisnya material GFRP perkuatan serat carbon, penjang keseluruhan 15 M, lebar 4,5 M, tinggi 1,8 M, draft 0,55 M, berkecepatan 35 knot dengan penumpang dan pengemudi 6 orang," katanya.

Menurut Eko, dengan adanya kapal ini, akan memperkuat armada kapal Ditpolairud Polda Riau dalam melaksanakan tugas-tugas kepolisian diwilayah perairan Riau. 

"KPC Lancang Kuning IV-2006 ini digunakan untuk Preentiv, Preventif, Refresif, sarana SAR dan fasilitas umum membantu masyarakat Riau. Ini menambah semangat kita untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat," pungkasnya.

Rangkaian peresmian diakhiri dengan peragaan kapal KPC Lancang Kuning IV-2006 melintasi Sungai Siak di depan Mako Ditpolairud Polda Riau.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Forkopimda Riau, Wakapolda Riau Brigjen Pol Tabana Bangun, para Pejabat Utama Polda Riau dan dinas instansi terkait.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar