PLN UIWRKR Bersama UIN Suska dan KTNA Gelar Pelatihan Entrepreneur Hydroponic Electrifying


PEKANBARU (INDOVIZKA) - Bertempat di Gedung Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Riau, PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (UIWRKR) bersama Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Pekanbaru menggelar kegiatan pelatihan Entrepreneur Hydroponic Electrifying yang di ikuti oleh 45 Orang Peserta yang dibagi dalam 3 tahap terdiri dari Mahasiswa,Masyarakat dan kelompok tani yang tertarik dengan kegiatan Urban Farming Entrepreneur Hydroponic Eelctrifying ini.

Melalui Program TJSL/CSR PLN Peduli, PLN UIWRKR memberikan bantuan sebesar 80 Juta Rupiah, untuk mendukung kegiatan tersebut, Bantuan diserahkan oleh Manager ULP Kampar , Asmardi secara simbolis kepada Dr.Irwan Taslapratama,M.Sc. Wakil Dekan Fakultas pertanian dan peternakan UIN Suska.

Asmardi mengatakan, bantuan yang diberikan PLN berupa fasilitas pembuatan bangunan Hydroponic Electrifying beserta kelengkapannya serta Kegiatan pelatihan Entrepreneur Hydroponic Electrifying, bantuan ini diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan para peserta pelatihan dan nantinya produktivitas hasil tanaman Hydroponic Electrifying ini bisa meningkat lebih tinggi dengan masa panen yang lebih cepat karena hal ini sudah dibuktikan dibeberapa lokasi yang menerapkan teknologi tersebut melalui program TJSL PLN Peduli.

Dengan Elektrifikasi ini PLN memberikan aliran listrik untuk menyalakan lampu LED pada malam hari yang dipasang didalam bangunan Hydroponic/Green House guna membantu proses fotosintesis tanaman agar hasilnya akan lebih cepat berproduksi dengan kwalitas yang lebih baik.

"Ini merupakan Salah satu bentuk modernisasi pertanian berbasis listrik, dengan lahan terbatas bisa meningkatkan produksi tanaman diantaranya dengan memberikan penerangan pada malam hari di dalam Green House ini ," ujar Asmardi.

Dr.Irwan Taslaptratama,M.Sc , saat menerima bantuan secara simbolis mengungkapkan terimakasih atas kepedulian dan bantuan PLN.

"Terimakasih kepada PLN atas bantuan yang diberikan dan terimakasih juga kepada Mitra kami KTNA Kota Pekanbaru adanya bantuan serta kegiatan ini bisa memberikan semangat dan kegiatan ini sangat mendukung kami dari segi sarana pelatihan dan penelitian di Bidang Hydroponic Electrifying , kegiatan juga mendukung program petani milenial untuk menciptakan Agropreneur muda melalui urban Farming dan diharapkan nantinya bisa membantu meningkatkan perekonomian bagi mereka yang mengimplementasikannya " tuturnya.

Pengurus KTNA kota Pekanbaru yang diwakili oleh Sekertaris KTNA Pekanbaru Riski Mulyadi,M.Eng saat diminta penjelasannya mengatakan bahwa kegiatan ini sangat banyak manfaatnya bagi kelompok tani maupun dunia Pendidikan.

“Dengan Kegiatan ini kami menjadi tahu bahwa saat ini PLN mempunyai terobosan di bidang pertanian melalui Electrifying Agriculture dan kami melihat PLN sangat fokus membantu para petani dan peternak melalui program Electrifyingnya hal ini tentu sangat memudahkan petani dan peternak dalam pelaksanaan usahanya karena murah dari sisi biaya dan praktis dalam hal operasionalnya dibanding menggunakan mesin diesel atau bensin semoga program PLN dalam mendukung dunia pertanian dan peternakan akan terus berjalan, ” pungkasnya






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar