KSP: Pengembangan Mandalika Tak Berhenti pada Ajang MotoGP


JAKARTA (INDOVIZKA) - Pemerintah memastikan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika tidak berhenti pada ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia. MotoGP rencananya digelar di Sirkuit Mandalika pada Maret mendatang.

"MotoGP ini hanya permulaan saja. Nantinya akan ada banyak lagi event berskala nasional dan internasional. Karena itu butuh dukungan seluruh elemen masyarakat agar bisa melahirkan multiplier effect yang bersifat jangka panjang," kata Deputi I Kepala Staf Kepresidenan Febry Calvin, Sabtu (12/2).

Menurut Febry, salah satu kunci untuk menumbuhkan multiplier effect dari pengembangan Mandalika, melalui pemberdayaan masyarakat lokal. Hal ini sesuai dengan komitmen dan arahan Presiden Joko Widodo saat menetapkan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

"Sejak awal pengembangan Mandalika dirancang secara holistik. Pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat lokal harus dilakukan secara beriringan," tutur dia.

Libatkan Masyarakat

Dia juga menyebut ada banyak sektor pendukung kegiatan pariwisata yang akan merasakan dampak multiplier dari pengembangan Mandalika. Dia mencontohkan, konstruksi, penyedia akomodasi, makan dan minum, serta transportasi dan UMKM.

Dia memastikan kegiatan ini akan melibatkan masyarakat lokal.

"Intinya Mandalika bukan proyek gagah-gagahan, tapi memang didedikasikan untuk masyarakat Indonesia khususnya masyarakat NTB," pungkasnya.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar