Rupiah Melemah Sore Ini Jadi Rp14.932/USD

Ilustrasi. (Net)

INDOVIZKA.COM - Nilai tukar rupiah melemah 33 point di level Rp14.932 atas dolar Amerika Serikat (USD) dalam perdagangan sore ini, Rabu (5/4/2023).

Menurut Pengamat Pasar Uang Ibrahim Assuaibi, pelemahan rupiah tersebut berbanding terbalik dengan kondisi di dalam negeri saat ini.

Pasalnya, di tengah tekanan ekonomi global, sektor manufaktur Indonesia justru secara konsisten mengalami ekspansi di sepanjang Triwulan pertama 2023.

Indikator Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur nasional menguat kembali ke level 51,9 di bulan Maret 2023 dibandingkan dengan Februari 51,2.

"Tingkat permintaan domestik terindikasi terus mengalami peningkatan, menopang aktivitas produksi manufaktur di tengah permintaan ekspor yang masih relatif tertahan. Selain itu, perbaikan distribusi dan logistik juga terus mengalami perbaikan dalam dua bulan terakhir sehingga mampu mendorong aktivitas produksi di dalam negeri," terang Ibrahim dalam rilis hariannya.

Dia menilai, industri manufaktur yang terus ekspansif ini mencerminkan tetap kuatnya perekonomian Indonesia di tengah perekonomian global yang masih dibanyangi oleh tren perlambatan dan ketidakpastian.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar