Inflasi Bulan April Turun 4,33 Persen

Pemkab Inhu ikuti Rapat TPID daring bersama Mendagri.(halloriau.com)

INDOVIZKA.COM - Pemkab Indragiri Hulu mengikuti rapat Pengendalian Inflasi di Daerah Tahun 2023, melalui Zoom Meeting di Ruang VIP, Lantai IV Kantor Bupati Inhu, Senin (8/5/2023).

Kegiatan ini diikuti anggota TPID Inhu, Kabag Ekonomi SetdaKab Inhu Dewi Devayanti, Polres Inhu, Kodim 0302 Inhu, Kepala Bulog Div Rengat serta perwakilan beberapa kepala OPD terkait lainnya.

Dalam rapat itu, Mendagri Jend Pol Tito Karnavian menyampaikan, inflasi dari tahun 2023 bulan April mencapai 4,33 persen dibanding Maret yang sebesar 4,9 persen, bulan April turun menjadi 4,33 persen.

"Dan dilihat dari faktor yang mendorong inflasi bulan april dari kelompok pengeluarannya tekanan dari kelompok transportasi di bulan April secara online terjadi inflasi sebesar 11,96 persen dan memberikan andil kepada inflasi di bulan april 1,45 persen," ungkap Tito.

Tito menuturkan, insflasi pasca lebaran pada umumnya mengalami penurunan disetiap sektor mengarah ke harga normal dan stabil.

"Ini artinya inflasi yang terjadi lebih rendah dibanding Ramadan dan lebaran tahun lalu dan sebagian besar kabupaten/kota non-IHK mengalami penurunan IPH pada april 2023 khususnya di pulau jawa dan pulau sumatera," terangnya.

Komoditas penyumbang utama kenaikan IPH di sebagian besar kabupaten/kota adalah beras, telur ayam ras, daging ayam ras dan minyak goreng.

"Sementara itu, penyumbang utama penurunan IPH adalah cabai merah, cabai rawit dan bawang merah serta daging ayam ras," pngkasnya.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar