Ma'ruf Amin Nilai Kompetensi SDM Belum Sesuai dengan Kebutuhan Ekonomi Syariah


Jakarta (INDOVIZKA) – Wakil Presiden Ma’ruf Amin membeberkan ada banyak tantangan yang dihadapi Indonesia dalam mengembangkan sektor ekonomi dan keuangan syariah. Salah satunya perihal kualitas sumber daya manusia yang belum sesuai dengan kebutuhan industri syariah.

“Masih terdapat ketidaksesuaian kompetensi SDM. IAEI (Ikatan Ahli Ekonomi Islam) dan KNEKS (Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah) bersama pemangku kepentingan telah melakukan sejumlah upaya pengembangan SDM dan riset ekonomi syariah,” ujar Ma’ruf dalam acara Islamic Economics Education Summit IAEI, Kamis, 28 Oktober 2021.

Ma’ruf melanjutkan, sumber daya manusia, pendidikan, dan riset merupakan faktor penting dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Seperti yang tertuang dalam dokumen Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia (MEKSI) 2019-2024, pengembangan kapasitas riset dan peningkatan kualitas serta kuantitas sumber daya manusia merupakan salah satu strategi dasar yang menjadi ekosistem pendukung strategi utama.

Untuk mengembangkan kapasitas SDM, KNEKS telah menyusun Rencana Implementasi Ekonomi Syariah 2020-2024 yang berisi program-program inisiatif utama. KNEKS bersama Bank Indonesia dan sejumlah perguruan tinggi telah menyelesaikan acuan kurikulum program studi S-1 Ekonomi Syariah.

Kemudian, KNEKS juga sudah menyusun panduan pelaksanaan magang atau praktik kerja dalam modul Panduan Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Ekonomi Syariah. Ma’ruf melanjutkan, sesuai program itu, KKNT akan memberikan pendampingan kepada UMKM produk halal serta BUMDES atau koperasi syariah/BMT dan memperkuat literasi masyarakat.

Kemudian, KKNT akan mendorong  literasi mengenai pengelolaan kegiatan dan keuangan masjid dan  melakukan pendampingan terhadap Lembaga Amil Zakat serta pendampingan pengelola wakaf (Nadzir). Sementara itu untuk riset industri halal, Ma’ruf mengatakan pemerintah mendorong berkembangnya penelitian bahan baku substitusi.

“Upaya ini selaras dengan inisiatif strategis yang dilakukan oleh KNEKS, di antaranya penyelarasan riset ekonomi dan keuangan Syariah sesuai dengan kebutuhan industri dan pemangku kepentingan lainnya, serta pengembangan spesialisasi pusat-pusat riset halal, ekonomi dan keuangan syariah,” kata Ma’ruf.

Ia meminta para pemangku kepentingan menyusun acuan, panduan, dan program pengembangan SDM serta menyempurnakan peta jalan yang sudah ada. “Agar selaras dengan arah kebijakan dan program pengembangan SDM pada sektor keuangan syariah, keuangan sosial syariah, industri produk halal serta bisnis dan kewirausahaan syariah, maupun  kebutuhan industri dan pasar,” tutur Ma’ruf Amin.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar