Pejabat Pemko Pekanbaru Ramai-ramai ke Makassar, Asisten I: Agenda Tahunan Kedinasan

Ilustrasi. (Net)

INDOVIZKA.COM - Sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru ramai-ramai menghadiri acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (Apeksi) 2023 yang berlangsung dari tanggal 10 sampai 14 Juli 2023. Tak hanya itu, sejumlah pejabat juga tampak ada yang membawa istri untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Terkait hal tersebut, Asisten I Setdako Pekanbaru Maskur saat dikonfirmasi mengatakan bahwa kegiatan ini adalah agenda tahunan Pemko seluruh Indonesia dan diikuti oleh seluruh pemerintah kota serta delegasi.

"Kegiatan ini dibuka oleh Menteri dalam negeri yang diwakilkan oleh Sekjen serta dihadiri oleh pejabat negara lainnya, kemudian Menteri Pertahanan," ujar Maskur, Kamis (13/7/2023).

Ia mengatakan, pada rapat Apeksi ini banyak rangkaian kegiatannya. Ada kegiatan kepemudaan, ada kegiatan kebudayaan serta ada kegiatan Raker sendiri yang membahas isu tentang bagaimana membangun kota yang kuat melalui investasi dan ada pembahasan isu nasional seperti investasi, inflasi, stunting. Selain itu ada juga kegiatan ekspo.

"Tentu dengan banyaknya rangkaian kegiatan serta banyaknya agenda, tentu kita membawa OPD teknisnya. Dan untuk OPD nya juga bukan selama 5 hari di sini terus, tapi bergantian. Kalau kegiatan yang menyangkut OPD Teknis tersebut selesai ya pulang dan digantikan dengan OPD lainnya," cakapnya.

Disampaikan Maskur, kegiatan Rakernas Apeksi ini adalah kegiatan resmi. "Ini adalah agenda kedinasan. Undangan resmi dan ini adalah agenda tahunan," tegasnya.

Kata dia, melalui rapat Apeksi ini pemerintah menjalin kolaborasi kerjasama dan ada pembahasan rekomendasi.

"Setiap Raker itukan ada pembahasan merumuskan rekomendasi apa saran masukan kita kepada pemerintah dalam mengawal otonomi daerah, dalam mempersiapkan masa transisi pergantian kepala daerah," cakapnya.

"Kita kan ingin pembangunan ini berkelanjutan, berkesinambungan, dengan agenda itu tentu ada rekomendasi yang kita sarankan kepada pemerintah pusat, bagaimana penguatan otonomi daerah di setiap kota," ucapnya.

Tak hanya itu saja, pada Rakernas Apeksi ini juga ada yang namanya ladies program. Untuk itu sebagian pejabat memang ada yang membawa istri untuk mengikuti kegiatan tersebut.

"Ada yang namanya ladies program, ada pembahasannya juga," pungkasnya.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar