70 Persen Pencakar Ditargetkan Terserap di Riau Job Fair

pembukaan Riau Job Fair 2023 di Hotel Prime Park Pekanbaru, Rabu (23/8/2023). (Cakaplah)

INDOVIZKA.COM -Sebanyak 70 perusahaan yang ikut Riau Job Fair 2023 diingatkan agar benar-benar menyerap tenaga kerja lewat bursa kerja yang dibuka.

Demikian ditegaskan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau, Imron Rosyadi saat pembukaan Riau Job Fair 2023 di Hotel Prime Park Pekanbaru, Rabu (23/8/2023).

Imron mengatakan, jika pihaknya tidak ingin Riau Job Fair ini hanya sekedar formalitas dan seremonial saja. Sebab yang paling penting dari kegiatan ini adalah terserapannya tenaga kerja. Sehingga bisa mengurangi angka pengangguran di Bumi Lancang Kuning.

"Perusahaan sudah membuat surat pernyataan bahwa lowongan kerja yang mereka buka di Riau Job Fair ini betul-betul lowongan yang memang mereka butuhkan dan itu harus mereka rekrut," kata Imron.

Lebih lanjut Imron mengatakan, berkaca dari pengalaman tahun lalu, tenaga kerja yang terserap melalui bursa kerja cukup tinggi mencapai 70 persen dari total lowongan kerja yang dibuka.

"Alhamdulillah, tahun lalu 70 persen dari total loker yang dibuka di Job Fair itu terserap. Sisanya 30 persen itu tidak terserap karena pelamarnya tidak sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan. Selain itu ada juga beberapa lowongan kerja yang tidak ada pelamarnya, tapi tidak banyak," ujarnya.

Karena itu, pihaknya tahun 2023 ini menargetkan serapan tenaga kerja lewat Riau Job Fair ini lebih banyak lagi. Jika tahun lalu terserap 70 persen, tahun ini 80 persen pencaker yang ikut job fair bisa terserap.

"Tahun ini dari 2.200 loker yang dibuka, ditargetkan bisa terserap 80 persen. Artinya sekitar 1.700 pencaker bisa terserap lewat bursa pameran kerja tahun ini," tukasnya.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar