Jaga Soliditas, Kadin Riau Rapat Pengurus Lengkap


PEKANBARU, INDOVIZKA.COM– Agenda organisasi terus dijalankan oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Riau. Menyikapi adanya gejolak di tubuh organisasi Kadin, Rapat Pengurus Lengkap (RPL) dilakukan oleh Kadin Riau.

Kegiatan ini dihadiri oleh pengurus Kadin Riau dan Kadin kabupaten dan kota se-Riau di Hotel Pangeran Pekanbaru. Acara ini juga diikuti oleh beberapa pengurus melalui aplikasi Zoom, Rabu (25/9/2024).  

Ketua Umum Kadin Riau Masuri SH menyebutlan kegiatan ini lebih dimaksudkan untuk meningkatkan soliditas Kadin Riau, sekaligus untuk menyikapi perkembangan Kadin Indonesia.

‘’Perkembangan organisasi perlu disikapi secara bijak. Konsolidasi organisasi pasca dinamika Kadin harus pula dijelaskan secara terbuka kepada pengurus dan Kadin daerah. Ini mengacu pada Pasal 29 ART. Tidak hanya itu saja, perlu juga adanya evaluasi terhadap pengurus bidang yang ada di Kadin Riau. Untuk itulah, kami melaksanakan rapat ini,’’ sebut Masuri. 

Berbagai masukan dari pengurus dan Kadin daerah disampaikan dalam forum ini, termasuk keutuhan organisasi yang terus dibangun guna menyikapi polemik yang terjadi di Kadin pusat. 

‘’Saya sudah jelaskan kepada pengurus dan Kadin daaerah tentang sikap Kadin Riau yang terus solid mendukung Ketua Umum Arsyad Rasyid. Ini tentu mengacu dan berdasarkan pada kejadian dan ketentuan organisasi. Saat ini kita sudah memahami posisi Kadin Riau. Dinamika organisasi yang melanda Kadin ini sudah pula kita sikapi,’’ lanjutnya. 

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua Umum Kadin Riau Bidang Organisasi dan Keangotaan H Asmui Irawan SH menyebut saat ini waktu yang tepat untuk menjaga kesolidan organisasi.

‘’Walaupun ada upaya-upaya yang dilakukan untuk memecah Kadin, tapi sejauh ini kita satu arah, satu suara. Mengacu dan tegak lurus dengan ketentuan yang ada di Kadin. Sejauh ini Kadin daerah se-Riau juga kompak menjaga kesatuan organisasi," katanya.

Sementara itu, Wakil ketua Umum Bidang Hukum, Advokasi dan Kebijakan Publik Iwat Endri SH MH menyampaikan tanggapan tentang polemik yang saat ini terjadi. 

‘’Kita sama-sama tahu ada Kadin versi lain yang berkegiatan secara nasional. Kadin Riau harus menguatkan organisasi dan menjaga sikap untuk terpecah belah. Sejauh yang saya lihat Kadin Riau tetap solid. Dan dalam waktu-waktu ke depan ini akan terus di jalin komunikasi yang luas dengan sesama pengurus dan Kadin daerah,’’ ujarnya. 

Lebih jauh dalam rapat itu, juga diagendakan persiapan Rapimprov Kadin Riau dan menyempurnakan susunan pengurus dan agenda program kerja.

‘’Kita menyadari kepengurusan Kadin Riau ini sudah mau hampir dua tahun, sudah ada beberapa pengurus yang pindah ke kabupaten bahkan ke luar provinsi. Jadi untuk memudahkan dalam menjalankan kinerja, ini harus dicarikan solusinya. Kalau sudah pindah, lebih bagus bisa mengabdi di Kadin daerah yang ditempati. Begitu pula dengan bidang dan komite tetap, juga akan ada penyempurnaan. Jadi semua itu akan kita tuntaskan dalam Rapimprov nantinya,’’ sebut Masuri lagi.

Dalam kesempatan itu, juga diberikan aspresiasi terhadap adanya anggota Kadin yang terpilih menjadi anggota legislatif baik di kabupaten kota hingga Provinsi Riau. Sejauh ini terdapat beberapa anggota Kadin yang menjadi wakil rakyat, seperti DPRD Riau, DPRD Kota Pekanbaru, DPRD Dumai, dan DPRD Indragiri Hilir.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar