Tambah Lagi, Pasien Positif Corona di Dumai Jadi 9 Orang

Plt Kepala Dinkes Dumai Syahrinaldi memberikan keterangan pers terkait penambahan 1 kasus positif virus Corona di Dumai.

DUMAI - Jumlah pasien yang dinyatakan positif terjangkit virus Corona atau Covid-19 hasil swab test di Dumai kembali bertambah. Per Minggu (26/4/2020), jumlah pasien positif Corona di Dumai menjadi 9 orang.

Informasi itu terungkap setelah gugus tugas Covid-19 Kota Dumai menggelar konferensi pers, Minggu (26/4/2020) di posko gugus tugas Covid-19 Kota Dumai.

"Hasil tersebut diketahui setelah Laboratorium Bio Molekuler RSUD Arifin Ahmad merilis hasil Swab test terhadap salah satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) virus Corona atau Covid-19 di Dumai. Hasil Swab test, 1 orang PDP inisial T jenis kelamin laki-laki berusia 28 tahun dinyatakan Positif Covid-19," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Dumai Syahrinaldi didampingi juru bicara gugus tugas Covid-19 Kota Dumai dr. Syaipul dan Kepala Diskominfo Dumai M. Fauzan.

Dengan bertambahnya 1 kasus, maka menambah jumlah pasien positif virus Corona di Kota Dumai menjadi 9 orang.

"Kami imbau masyarakat Dumai untuk mematuhi protokol Covid-19 apalagi Kemenkes telah menetapkan Dumai zona merah. Masyarakat agar mematuhi himbauan Pemerintah untuk berada di rumah, gunakan masker saat berada di keramaian, jaga jarak sosial dan rajin cuci tangan menggunakan sabun," imbaunya.

Dan sesuai dengan tugas dan fungsinya, Dinkes Dumai selalu melakukan penyelidikan epidemiologi terhadap semua kasus yang berpotensi menjadi wabah, termasuk Covid-19 yang telah ditetapkan sebagai kedarutan kesehatan masyarakat.

Tim kesehatan terus melakukan tracking seluasnya untuk mencegah penyebaran virus corona di Kota Dumai.

Juru bicara gugus tugas Covid-19 Kota Dumai dr Syaipul menambahkan, pasien 09 hasil tracking dari pasien 04 yang sudah terlebih dahulu dinyatakan positif terinfeksi virus Corona.

Tracking dilakukan 3 April 2020 lalu oleh tim dari Dinas Kesehatan Dumai dan langsung melakukan Rapid test terhadap T hasilnya positif.

Dilanjutkan pemeriksaan Swab pada 4 April 2020, hasil swab test nya negatif. Pengambilan sampel dilakukan kembali pada 20 April, swab tenggorokan dengan cara mengambil sampel lendir lalu dikirim ke Laboratorium Bio Molekuler RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru, dan hasilnya positif.

"Pasien 09 merupakan dokter di salah satu Puskesmas di Kota Dumai dan masuk dalam pasien Orang Tanpa Gejala (OTG). Terkait kondisi kesehatannya cukup baik namun pasien tersebut tetap diisolasi di rumah sakit untuk mencegah penularan Covid-19," pungkasnya. 






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar