Inhil Jadi Tuan Rumah Rakor Virtual PPID se-Riau


INDOVIZKA.COM - Kabupaten Indragiri Hilir menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi (Rakor) Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama kabupaten/kota se-Provinsi Riau yang berlangsung secara virtual,  Jumat (5/6/2020).

Seluruh PPID Utama hadir dalam video conference (vicon) yang dibuka Wakil Gubernur Riau H Edy Natar Nasution.

Banyak hal yang dibahas dalam rakor virtual hampir tiga jam yang diadakan Komisi Informasi (KI) Riau bersama Diskominfo Kabupaten Indragiri Hilir tersebut terkait informasi publik dalam penanganan pandemi Covid-19.

 Sejumlah persoalan yang mengemuka di antaranya tentang cara pelayanan informasi publik yang dimintakan pemohon di tengah social distancing hingga apa saja informasi seputar Covid-19 yang boleh dan dapat disampaikan kepada pemohon informasi. 

"Sepanjang yang berkaitan dengan informasi publik dan tidak termasuk dalam informasi yang dikecualikan, PPID tetap mesti menyediakannya. Tentu dengan tetap berpedoman kepada protokol kesehatan Covid-19. Selain itu bisa juga secara vicon seperti yang dilakukan sekarang ataupun lewat sarana komunikasi virtual lainnya," kata Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat Gede Narayana yang ikut Rakor PPID se-Riau tersebut dari Jakarta secara virtual. 

Dari pengamatan media dalam Rakor tersebut, selain umumnya melaporkan tentang perkembangan penanganan Covid-19 di daerah masing-masing, beberapa daerah melalui PPID-nya juga mengeluhkan tentang adanya permintaan informasi oleh kelompok masyarakat, termasuk LSM, yang sulit diberikan. Misalnya soal rincian penggunaan anggaran alokasi penanganan Covid-19 yang masih berjalan. 

Menurut Ketua KI Riau Zufra Irwan,SE karena terbatasnya waktu, Rakor PPID tersebut masih bersifat menghimpun berbagai masalah dan informasi yang berkembang di seluruh daerah. "Kita belum menyimpulkan. Dalam rakor virtual tadi kita sudah sampaikan, nanti kesimpulannya akan disampaikan saat pertemuan langsung dengan seluruh PPID," terang Zufra seusai acara. 

Dijelaskan Zufra, dari Rakor tersebut juga disepakati untuk membentuk Forum PPID Kabupaten dan Kota berikut dengan pengurusnya.  "Tentu kita menunggu waktu yang tepat setelah New Normal ini," tambahnya. 

Rakor PPID tadi siang diawali dengan sambutan Ketua KI Riau Zufra Irwan, Bupati Indragiri Hilir HM Wardan selaku tuan rumah serta sambutan Wakil Gubernur Riau H Edy Natar Nasution dan sekaligus membukanya. Wakil Ketua KI Riau Tatang Yudiansyah bersama para Komisioner KI lainnya Alnofrizal, Jhonny Setiawan Mundung dan Hasnah Gazali kemudian memaparkan tentang Pelayanan Informasi Publik di Tengah Pandemi Covid-19. 

Selain dihadiri seluruh PPID Utama Kabupaten dan Kota, juga terlihat hadir Wakil Bupati Rohil Djamaluddin dan Sekda Pekanbaru M Noer dan sejumlah Kadis Diskominfo, termasuk Kadis Kominfo Riau Chairul Rizki serta Sekretaris Forum Wartawan Keterbukaan Informasi (FoR-KI) Riau Tun Akhyar. (**)






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar