Pasien Covid-19 Asal Rokan Hulu Sudah Sembuh dan Diperbolehkan Pulang


ROHUL  - Sebuah video pengakuan tenaga kesehatan yang bertugas merawat ES, warga terkonfirmasi positif Covid-19 asal Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu, Riau, di Rumah Sakit Darurat Covid (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, beredar di media sosial dan grup percakapan.

Dalam video tersebut petugas kesehatan yang sedang memakai alat pelindung diri (APD) lengkap menginformasikan terkait kondisi kesehatan ES (56) yang merupakan warga Ngaso, Kecamatan Ujung Batu tersebut.

Dikutip dari laman Facebook Muhamad Fadhli, video tersebut dibuat oleh Nova Sinaga, tenaga kesehatan yang bertugas di RSDC Wisma Atlet Jakarta. Dalam video tersebut, petugas kesehatan tersebut menyatakan bahwa ES sudah dinyatakan bebas Covid berdasarkan hasil swab yang dilakukan pada tanggal 4 dan 8 Juli dan sudah perbolehkan pulang pada hari ini, Ahad(12/7/2020).

"Selamat pagi, saya hari ini berkunjung ke kamar bapak ES, yang dikatakan sebagai pasien positif Covid hari ini sudah boleh pulang dari RSDC Wisma Atlet," ucapnya.

"Jadi sebelumnya hasil rapid test pak ES dari salah satu klinik di Pekanbaru itu memang Negatif. Lalu selama dirawat di Wisma Atlet, hasil swab tanggal 4 dan 8 Juli itu semua negatif, jadi fix ya bapak ES ini dinyatakan Bebas Covid" tegasnya.

Dalam video tersebut petugas kesehatan itu juga meminta warga Rokan Hulu untuk tidak menyebarkan hoax dan tidak mengucilkan ES setelah kembali ke Ujung Batu.

"Saya hanya minta untuk semua warga Rokan Hulu, untuk tidak menyebarkan hoax apapun baik itu kabur, bahkan terakhir dibilang Pak ES sudah meninggal. Tolong saling support dan tidak mengucilkan Pak ES jika nanti sudah pulang ke Ujung Batu, Riau,"

Di akhir video itu sang petugas kesehatan di RSDC Wisma Atlet mengimbau seluruh masyarakat Rohul untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Sebelumnya, ES dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 pada tanggal 6 Juli 2020, setelah hasil swab pertama yang dilaksanakan pada tanggal 3 Juli 2020 dinyatakan positif.

Meski hasil swab belum keluar, ES ternyata tetap memutuskan berangkat ke Jakarta pada tanggal 5 Juli 2020. Ia menjalani Pemeriksaan rapid test di Bandara SSK II dengan hasil nonreaktif dan diizinkan berangkat menggunakan pesawat Lion Air.

Kasus Es juga sudah menandakan terjadinya transmisi lokal penularan Covid-19 di Kecamatan Ujung Batu, karena selain ES anaknya berinisial BA (20) juga terkonfirmasi positif dan kini sudah diisolasi di RSUD Rohul.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar