DPRD Pekanbaru Ungkap Poin Penting yang harus Dievalusi BPJS Kesehatan

Adiensi dengan BPJS Kesehatan cabang Pekanbaru, Senin (22/3/2021).

PEKANBARU (INDOVIZKA) - Wakil Ketua DPRD Pekanbaru, Tengku Azwendi Fajri menyampaikan poin-poin penting yang harus segera dievaluasi oleh BPJS Pekanbaru.

Hal ini demi meningkatkan kualitas pelayanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Menurut Azwendi, meskipun JKN-KIS sudah berjalan selama 7 tahun, masih banyak peserta yang mengeluhkan pelayanan BPJS.

"Pertama, kami mau mengevaluasi tentang pelayanan kesehatan terhadap peserta JKN-KIS karena ada kesan mereka dibeda-bedakan dengan pasien umum. Kedua, kita minta evaluasi kinerja BPJS Kesehatan dan para mitra kerja, kalau kinerja rumah sakit tidak bagus ya tolong cepat diganti. Kesimpulannya, kita akan melakukan monitoring bersama," cakap Azwendi dalam agenda audiensi dengan BPJS Kesehatan cabang Pekanbaru, Senin (22/3/2021).

Di pertemuan tersebut, BPJS Kesehatan juga memperkenalkan inovasi baru yang diberi nama Aplicares. Inovasi berbentuk aplikasi ini sendiri bisa ditemui di smartphone, dan dengan adanya aplikasi ini peserta juga bisa mendapatkan sejumlah informasi mengenai BPJS Kesehatan.

"Sehingga peserta JKN-KIS bisa mendapatkan informasi mengenai ketersediaan kamar rawat dan ruang ICU di rumah sakit mitra BPJS Kesehatan. Jadi seluruh pelayanan kini sudah transparan dan bisa diakses oleh semua peserta," katanya.

Sementara itu, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Pekanbaru Nora Dwita Manurung mengatakan monitoring dan evaluasi terhadap program JKN-KIS di Pekanbaru perlu dilakukan agar bisa memberikan pelayanan berkualitas kepada peserta. 

"Dalam memberikan pelayanan, BPJS Kesehatan tidak bisa bekerja sendiri, butuh dukungan dan kerjasama dari semua pihak. Semoga dengan adanya pembenahan, maka titik kelemahan terhadap pelayanan JKN-KIS di Pekanbaru bisa perbaiki dan ditingkatkan," bebernya.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar