Rajin Santap 5 Minuman dan Makanan Ini, Kalori Terbakar Lebih Cepat

Sup ikan dengan seledri.

INDOVIZKA.COM- Makanan tak cuma bisa mengenyangkan perut. Namun pada kenyataannya, konsumsi makanan yang tepat akan membantu membakar kalori dan menurunkan berat badan.

Proses makan itu sendiri juga akan membantu Anda untuk membakar kalori. Mengunyah, mencerna, dan menyimpan makanan membutuhkan kalori. Para ilmuwan menyebutnya sebagai efek termal makanan atau TEF.

TEF atau efek termal makanan adalah komponen utama dari total pengeluaran energi harian atau TDEE Anda. Ini adalah jumlah total kalori yang Anda bakar sepanjang hari.

Segala sesuatu yang Anda lakukan di siang hari mampu membakar kalori, termasuk makan.

Namun jangan berharap kalau kalori yang dibakar akan sangat banyak. Kalori yang terbakar dari makan dan mencerna makanan hanya 5-10 persen dari total pembakaran kalori. Jika Anda membakar 2.000 kalori per hari, Anda membakar sekitar 100-200 kalori dari makan makanan. Sekitar 30-75 kalori per makanan, terlepas dari makanan yang dipilih.

Namun berita baiknya, ada beberapa makanan yang bisa membantu pembakaran kalori lebih besar. Hanya saja, makanan ini tak bisa sembarangan. Ada beberapa makanan yang bisa membakar kalori lebih banyak daripada yang lain. Mengutip Very Well Fit, makanan yang mengandung protein bisa membantu tubuh membakar kalori lebih banyak dan membantu menambah massa otot.

Beberapa jenis makanan yang bisa membantu membakar kalori antara lain:

1. Salmon
Semua jenis ikan mengandung asam omega-3, khususnya salmon. Menyantap 2 porsi ikan seminggu akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Kandungan protein salmon juga tinggi dan sedikit mengandung lemak.

2. Makanan pedas
Makanan pedas jadi salah satu makanan kesukaan orang Indonesia. Tahukah Anda kalau ternyata makanan pedas juga bisa membantu membakar kalori lebih banyak?

Semua ini karena kandungan capcaisin dalam cabai yang memungkinkan peningkatan perasaan kenyang. Dengan kata lain, makanan pedas akan membuat Anda merasa lebih cepat kenyang.

3. Seledri
Selama ini seledri dikenal sebagai bahan masakan atau jus. Seledri juga dipakai untuk menurunkan risiko darah tinggi. Selain itu, seledri juga bisa membantu Anda untuk membakar kalori lebih banyak.

Seledri mengandung kalori yang rendah karena kandungan utamanya adalah air. Anda bisa menikmatinya dalam bentuk jus atau pun disantap bersama dengan saus celupan yogurt atau diolah untuk campuran sup.

4. Teh hijau
Teh hijau memang sudah lama dikenal sebagai 'alat bantu' untuk menurunkan berat badan, kolesterol, dan juga membakar kalori lebih banyak.

Penelitian menunjukkan bahwa minum 2-3 cangkir teh hijau per hari bisa membantu menurunkan berat badan.

5. Kopi
Jika Anda tak suka teh hijau dan lebih memilih kopi, minuman yang satu ini juga bisa membantu membakar kalori lebih banyak. Studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism melaporkan bahwa mereka yang minum minuman kafein sebelum olahraga bisa membakar kalori 15 persen lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak minum kopi. (*)






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar