Hujan Deras Bikin Pekanbaru Berkuah, Muflihun Imbau Warga Jangan Buang Sampah ke Parit

Ilustrasi (int)

PEKANBARU INDOVIZKA COM - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru, Muflihun mengakui sebagian besar wilayah di Kota Pekanbaru tergenang banjir saat diguyur hujan deras, Rabu (6/9/2023). Bahkan dirinya juga sudah meninjau beberapa titik banjir.

"Hampir 200 pesan whatsapp masuk tentang pengaduan banjir. Dimana semua lini itu banyak pengaduan banjir," ujar Muflihun.

Setelah dilakukan peninjauan, Muflihun menyebut, kondisi atau debit air di sungai dan parit semuanya naik.

"Yang namanya musibah siapa yang mau, semua parit itu melimpah, air naik, sampai sungai siak kami cek juga tinggi. Artinya apa, ini airnya di atas rata-rata biasanya," ungkapnya.

Ia menilai naiknya air lantaran curah hujan yang deras dan lama. Pasalnya, Pekanbaru diguyur dari pagi hingga siang hari. Bahkan hingga Rabu sore ini, hujan gerimis masih membasahi Kota Pekanbaru.

Untuk penanganan banjir, pihaknya juga berkomunikasi dengan provinsi. Karena tanggungjawab sungai itu juga ada provinsi dan pusat.

"Pusat dan provinsi kita minta juga penanganan agar kedepan pekanbaru tidak lagi banjir," ucapnya.

Saat ini kata Muflihun, hampir semua kondisi parit dan sungai di Pekanbaru penuh. Namun begitu, ada beberapa parit juga yang tertumpuk sampah sehingga menghambat saluran air.

"Karena itu, kita harapkan masyarakat kita jangan buang sampah di parit-parit. Tanpa kita tidak mungkin masalah banjir ini terselesaikan," terangnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta BPBD untuk melakukan monitoring dan memberikan bantuan jika memang ada yang memerlukan.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar