BBKSDA Riau Evakuasi Beruang Madu Lumpuh di Areal PT Rimba Lazuardi Inhu


INDOVIZKA.COM - Tim Rescue Balai Besar Konservasi Daya Alam (BBKSDA) Riau dari Resort Kerumutan Selatan melakukan evakuasi satwa liar anak Beruang madu di areal PT. Rimba Lazuardi, Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu.

"Pihak perusahaan melaporkan bahwa pada hari yang sama pihaknya menemukan anak beruang madu di areal konsesinya dalam kondisi tidak bisa berjalan atau lumpuh," kata Kepala BKSDA Riau, Suharyono, Kamis (27/8/2020).

Kemudian, PT. Rimba Lazuardi kemudian menyerahkan satwa tersebut ke Tim Rescue yang segera memeriksa kondisi satwa dimana satwa tersebut lumpuh pada kedua tungkai kakinya sehingga mengalami kesulitan untuk berjalan.

"Pada kesempatan tersebut, Tim juga melakukan sosialisasi terkait upaya penanganan konflik satwa dan mengajak bersama sama berperan dalam merawat, menjaga dan melestarikan keberadaan satwa dilindungi," ujarnya.

Tim selanjutnya membawa anak Beruang tersebut ke kantor Bidang KSDA Wilayah I sebelum akhirnya diserahkan ke klinik Balai Besar KSDA Riau di Pekanbaru pada hari Selasa 25 Agustus 2020 lalu.

"Sesampainya di klinik, anak Beruang madu berumur kurang lebih 2 bulan dan berjenis kelamin Jantan segera ditangani oleh drh Rini Deswita dan tim medis. Untuk selanjutnya perawatan secara intensif diperlukan untuk pemulihan kesehatannya," jelasnya. (WAN)

 






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar