Pernyataan Annas Maamun Soal Pemekaran Riau Pesisir Bikin Heboh

Dr drh Chaidir MM

PEKANBARU - Mantan Gubernur Riau Annas Maamun kembali mengungkit isu pembentukan Provinsi Riau Pesisir yang sudah lama diwacanakan. Bahkan ia memperkirakan provinsi tersebut akan terbentuk 3 bulan ke depan.

Hal itu diungkapkan Annas Maamun yang baru bebas dari penjara dalam kasus suap alih fungsi lahan di Riau, saat Rapat Paripurna Istimewa DPRD Rokan Hilir dalam rangka HUT ke-21 Kabupaten Rohil, Ahad (4/10/2020).

Menanggapi hal tersebut, Ketua Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau (FKPMR), Dr drh Chaidir MM melihat tidak ada masalah dengan pernyataan mantan bupati Rokan Hilir 2 periode tersebut.

"Tidak masalah (pembentukan Provinsi Riau Pesisir). Karena secara prinsip tidak ada yang salah dengan pernyataan pak Annas Maamun. Karena wacana Riau Pesisir itu pernah diputuskan dalam rapat paripurna DPRD Riau. Dan itu sudah disetujui oleh DPRD," kata Chaidir, Ahad (4/10/2020).

"Artinya pembentukan provinsi baru itu akan mempercepat pembangunan di daerah pesisir, yang otomatis akan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya," ujarnya.

Selain itu, lanjut Chaidir, dengan terbentuknya Riau Pesisir, maka akan terbuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi masyarakat.

"Kemudian pembangunan infrastruktur akan lebih cepat. Kalau infrastruktur bagus, maka investasi akan banyak yang masuk," terangnya.

Namun dalam konteks ini, Chaidir menegaskan bahwa isu pembentukan Riau Pesisir bukan bentuk kekecewaan provinsi Riau.

"Jadi bukan itu, ini perlu saya tegaskan. Tapi semata-mata untuk percepatan pembangunan," tegas mantan Ketua DPRD Riau ini.

Chaidir mencontohkan, pemekaran Riau Pesisir ini sama seperti pemekaran Provinsi Kepulauan Riau dulu.

"Waktu Kepulauan Riau belum dimekarkan, sangat lambat sekali perkembangan di wilayah kepulauan sana. Ternyata setelah dimekarkan cepat sekali pembangunan di sana," ucapnya.

"Jadi tidak ada yang salah dengan pernyataan pak Annas. Karena kalau pemekaran Riau Pesisir ini yang diuntungkan masyarakat. Kalau mengenai waktunya, saya tidak tahu kapan bisa terwujud provinsi Riau Pesisir ini," cakapnya.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar