Calon Kuat Kapolri, Ini Daftar Harta Komjen Gatot, Agus dan Boy Rafli Riezky Maulana

Tiga jenderal bintang tiga disebut-sebut sebagai calon kuat kapolri pengganti Idham Azis. (Foto: Ist)

(INDOVIZKA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu dekat akan menyerahkan nama calon kapolri kepada DPR. Jika semuanya berjalan mulus, figur terpilih akan menggantikan Jenderal Pol Idham Azis yang memasuki masa pensiun pada 2021. 

Sejauh ini sejumlah nama santer disebut menjadi kandidat kuat Tri Brata 1 (sandi kapolri). Mereka yakni Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, Kabaharkam Komjen Pol Agus Andrianto, dan Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar. Ada pula Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

Siapa yang bakal masuk kantong Jokowi? Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Saputra Hasibuan menyebut calon kapolri harus memiliki kecocokan atau satu visi dengan Presiden.

"Yang pasti setiap calon memiliki kelebihan dan kelemahan. Yang paling penting calon kapolri memiliki chemistry dengan presiden. Kita tahu mereka semua pati polri yang berprestasi dan matang dalam pengalaman," kata Edi saat dihubungi, Minggu (27/12/2020).

Dari deretan komjen tersebut, beredar telah mengerucut tiga nama, mengacu pada aspek senioritas. Tiga nama itu yakni Gatot, Agus dan Boy Rafli. Gatot dan Boy lulusan Akademi Kepolisian 1988, sementara Agus 1989. Sigit paling muda karena lulusan Akpol 1991, namun ini bukan berarti peluangnya tertutup.

"Bahkan Kabareskrim yang angkatan 91' juga berpeluang besar jadi kapolri apabila presiden menunjuk," kata Edi.

Dari tiga nama komjen yang santer disebut sebagai kandidat kuat itu, kesemuanya telah melaporkan harta kekayaan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Daftar kekayaan itu tertera pada Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dapat diakses publik.

1. Komjen Pol Gatot Eddy Pramono.


- Jabatan : Wakapolri.
- Akpol: 1988
- Harta : Rp10.784.282.700 (LHKPN November 2020)

2. Komjen Pol Boy Rafli Amar
- Jabatan: Kepala BNPT.
- Akpol: 1988
- Harta: Rp6.451.502.663 (LHKPN Oktober 2020).

3. Komjen Pol Agus Andrianto
- Jabatan: Kabaharkam
- Akpol: 1989
- Harta: Rp1.733.400.000 (LHKPN Desember 2017).






Tulis Komentar