Sepanjang Januari Terjadi 197 Bencana Alam, 14 Provinsi Ini Berpotensi Menyusul

Ilustrasi bencana longsor yang terjadi di Kabupaten Rokan Hulu, Riau beberapa waktu lalu

JAKARTA (INDOVIZKA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 197 bencana alam yang telah terjadi di seluruh wilayah Indonesia sepanjang Januari 2021 ini.

Dikutip dari keterangan resmi BNPB di laman Twitternya, mayoritas bencana tersebut merupakan bencana hidrometeorologi atau bencana yang terjadi sebagai dampak dari fenomena meteorologi/alam.

“Bencana banjir menjadi yang mendominasi yakni sebanyak 134 kejadian, disusul tanah longsor 31 kejadian, dan puting beliung sebanyak 24 kejadian,” tulis BNPB, dikutip INDOVIZKA.COM, Ahad (24/1/2021).

Dari serangkaian bencana di awal tahun 2021 itu tercatat menyebabkan 184 orang meninggal dunia, lebih dari 2.700 orang mengalami luka-luka, dinyatakan hilang sebanyak sembilan orang, dan mereka yang menderita dan mengungsi mencapai 1,9 juta orang.

Untuk itu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini potensi terjadinya kondisi ekstrem terkait cuaca akibat adanya berbagai fenomena yang dikhawatirkan akan terjadi bersamaan dengan musim hujan.

“Sejak Oktober 2020 BMKG memberikan peringatan dini potensi terjadinya kondisi ekstrem terkait cuaca akibat adanya berbagai fenomena yang dikhawatirkan akan terjadi bersamaan dengan musim hujan,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

Sementara akibat dari cuaca ekstrem yang diprediksi masih akan berlanjut hingga Februari 2021 mendatang.

BMKG mencatat terdapat sebanyak 14 provinsi di Indonesia yang diprediksi berpotensi dilanda bencana alam yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali.**






Tulis Komentar