DPKP Pekanbaru Lebih Banyak Tangani Kejadian Non Kebakaran

Mobil Damkar.

PEKANBARU (INDOVIZKA) - Sepanjang tahun 2020, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Pekanbaru lebih sering melakukan penyelamatan masyarakat. Banyak masyarakat memanfaatkan jasa dinas tersebut saat membutuhkan berbagai pertolongan.

"Kita data dari tahun 2020 saja, untuk penanganan kebakaran jumlahnya 165 kejadian. Sedangkan untuk penyelamatan non kebakaran, jumlahnya 177 kejadian," kata Kepala DPKP Kota Pekanbaru Burhan Gurning, Jumat (5/3/2021).

Ia menyebut, upaya penyelamatan yang dimaksud seperti evakuasi sarang tawon, lebah, biawak, buaya, pohon tumbang, banjir, ular dan sebagainya. Menurutnya, DPKP Pekanbaru memang melayani laporan masyarakat yang butuh pertolongan dalam hal apapun.

"Setiap ada laporan masuk, kita turun. Tidak ada kita evaluasi dulu mana yang perlu ditindaklanjuti atau dibiarkan saja," jelasnya.

Ia juga mencontohkan, upaya penyelamatan yang dilakukan di tahun 2021, dinas ini telah menyelamatkan seorang anak yang tersangkut di tutup panci. Juga menolong warga yang cincinnya tak bisa di lepas, hingga warga yang meminta penyelamatan hewan peliharaan.

"Tahun ini, untuk penyelamatan semacam itu sudah kita lakukan untuk 37 kejadian. Sedangkan laporan kebakaran yang kita cover ada 31 kejadian," jelasnya.






Tulis Komentar