Jokowi: Indonesia Berada di Ring of Fire, Bencana Bisa Terjadi Kapan Saja

Presiden Joko Widodo

(INDOVIZKA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar seluruh masyarakat tetap waspada dengan sejumlah bencana di Indonesia. Dia mengatakan potensi bencana ini terjadi karena Indonesia berada di wilayah ring of fire.

"Saya perlu mengingatkan bahwa kita ini berada di wilayah ring of fire, di wilayah cincin api, oleh karena itu aktivitas alam dapat terjadi setiap saat baik itu gempa dan yang lain-lainnya kapan saja," kata Jokowi dalam akun YouTube Sekretariat Presiden, Ahad (11/4/2021).

Dia mengingatkan seluruh Pemerintah Daerah untuk terus mengimbau masyarakat agar saling bekerjasama. Tujuannya agar jika terjadi bencana, daerah memiliki kesiapsiagaan.

"Saya mengingatkan kepada Gubernur, Bupati, dan Wali kota untuk terus menghimbau masyarakat untuk mempererat kerja sama dan meningkatkan kesiapsiagaan, kewaspadaan akan datangnya sebuah bencana," ungkapnya.

Mantan Gubernur DKI ini juga menyampaikan belasungkawa terhadap para korban meninggal akibat gempa di Malang. Laporan dari BNPB, delapan orang menjadi korban gempa, tiga orang mengalami luka sedang hingga berat dan 36 lainnya luka ringan.

"Saya atas nama pemerintah dan seluruh rakyat menyampaikan duka cita yang mendalam atas korban yang meninggal dunia," terang Jokowi.

Diketahui Indonesia terletak di antara Ring Of Fire yang membentang dari Nusa Tenggara, Jawa, Bali, Sumatera, lalu Himalaya, Mediterania hingga Samudra Atlantik.

Peer Group Pusat Studi Bencana Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Rita Noviani menyebut Indonesia memang etalase bencana. Hal tersebut karena tingginya kompleksitas bencana di Indonesia mulai dari tsunami, gempa bumi, banjir, hingga erupsi.

"Indonesia berada di Ring of Fire, pertemuan tiga lempeng, ada di garis khatulistiwa, belum lagi perubahan iklim dan ekologis akibat penggundulan hutan. Itulah yang mengakibatkan banyak bencana," ujar Rita, Selasa (26/1).






Tulis Komentar