Inilah 13 Keajaiban untuk Tubuh Jika Makan Satu Mentimun Sehari

Ilustrasi

INDOVIZKA.COM -  Sejak zaman kuno, mentimun telah digunakan di Indonesia dalam makanan maupun dalam pengobatan tradisional. Ini karena, di negara yang hangat seperti Indonesia, mentimun memberikan hidrasi dan kesejukan yang diperlukan bagi tubuh. Dan itu bukan satu-satunya manfaat yang diberikan buah ini (ya, itu buah, bukan sayuran).

Berikut beberapa manfaat kesehatan dari makan mentimun dan mengapa Anda harus memasukkan lebih banyak dari mereka dalam diet Anda.

1. Anda akan terlindungi dari penyakit neurologis

Fisetin yang hadir dalam mentimun telah diidentifikasi karena perannya dalam kesehatan otak yang lebih baik. Ketimun juga mengandung fosfor - dan defisiensi fosfor terkait dengan peningkatan risiko penyakit kognitif. Jadi, memakan mentimun akan membuat otak Anda tetap tajam dan fokus!

2. Menurunkan berat badan berlebih dengan cepat

Kandungan air yang tinggi dalam mentimun membantu Anda untuk kenyang lebih cepat, sehingga mampu mengontrol makan berlebihan yang dapat membantu Anda dalam upaya penurunan berat badan. Mentimun bebas dari lemak dan buah rendah kalori. Oleh karena itu, ini adalah pilihan yang bagus untuk mengkonsumsi mentimun bagi siapa pun yang mencoba menurunkan berat badan mereka.

3. Mengurangi risiko kanker

Fisetin, flavonoid yang telah membangkitkan minat besar di antara para peneliti kanker, hadir dalam mentimun. Terlepas dari sifat anti-oksidan dan anti-inflamasi flavonoid ini, ia juga telah dikaitkan dengan pengurangan risiko untuk jenis kanker tertentu.

4. Sistem pencernaan akan meningkat

Ketimun mengandung serat makanan dan sejumlah air yang membantu pencernaan. Vitamin dalam mentimun juga membantu meningkatkan fungsi sistem pencernaan. Memiliki mentimun setiap hari dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan buang air besar sehingga membantu Anda mengembangkan keteraturan yang sehat.

5. Tubuh akan mendapatkan lebih banyak hidrasi

Sekitar 95% kandungan mentimun adalah air, jadi memakannya setiap hari meningkatkan tingkat hidrasi total dalam tubuh Anda yang pada gilirannya, mempengaruhi kesehatan Anda secara positif. Jika Anda lupa minum air putih secara rutin, maka makan 1 mentimun sehari bisa menjadi trik yang luar biasa bagi Anda.
 

6. Kulit Anda akan lebih lembut dan bercahaya

Mentimun menjaga tubuh tetap terhidrasi yang bermanfaat bagi kulit. Selain itu, mereka mengandung vitamin B seperti niacin dan riboflavin bersama dengan vitamin C dan seng (mineral) yang merupakan kunci untuk menjaga kulit yang baik. Ketimun juga mengandung asam caffeic yang melawan iritasi dan peradangan kulit. Nutrisi dalam mentimun juga membantu melawan tanda-tanda penuaan kulit.
 

7. Kualitas rambut akan meningkat dan mengurangi kerontokan

Vitamin B yang ada dalam mentimun sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit kepala dan rambut. Biotin, riboflavin, niasin, dan vitamin B5, B6, dan C semuanya memiliki peran penting dalam pertumbuhan rambut. Mereka juga mencegah rambut rontok prematur dan beruban.
 

8. Kesehatan kardiovaskular akan meningkat.

Ketimun mengandung kalium, magnesium dan vitamin K. Ketiga nutrisi ini penting untuk berfungsinya sistem kardiovaskular. Vitamin K bekerja sebagai faktor vital dalam pembekuan darah dan pengaturan kadar kalsium dalam darah. Tingkat magnesium dan kalium yang lebih rendah telah dikaitkan dengan tekanan darah yang lebih tinggi. Asupan mentimun secara teratur telah ditemukan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat juga.

9. Kadar gula darah akan lebih terkontrol

Mentimun mengandung berbagai senyawa fenolik, flavonoid, dan triterpen. Menurut peneliti, peningkatan asupan mentimun sangat menjanjikan dalam mengendalikan kadar gula darah tinggi.
 

10. Tulang akan lebih kuat

Mentimun mengandung vitamin K dan kalsium, keduanya penting untuk tulang yang lebih kuat. Vitamin K telah ditemukan untuk mengurangi risiko patah tulang dan juga memainkan peran penting dalam penyerapan kalsium dalam tulang.
 

11. Tubuh akan membuang racun
Dipercayai bahwa mentimun memiliki sifat detoksifikasi alami dan asupan teratur dari buah ini dapat menghilangkan kotoran dan racun dari hati dan usus Anda, sehingga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
 

12. Kesehatan gigi Anda akan membaik
Mentimun mengandung molibdenum dan fluorida, kombinasi yang telah ditemukan untuk memperbaiki kerusakan gigi. Kandungan kalsium mentimun juga bermanfaat untuk gigi yang lebih kuat.
 
13. Hormon akan lebih seimbang
Fosfor adalah nutrisi penting untuk keseimbangan hormon dalam tubuh. Ini berinteraksi dengan kelenjar endokrin dan membantu dalam penciptaan dan pelepasan hormon. Ketimun mengandung sekitar 4% dari fosfor yang disarankan untuk asupan harian untuk orang dewasa.

 

 
R24/DEV






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar