Disnakertrans Inhil Bina 225 KK di Desa Tanjung Melayu

Tampak Perumahan transmigrasi di Desa Tanjung Melayu Kecamatan Kuindra

INDOVIZKA.COM- Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) H. Masdar mengatakan telah melakukan pembinaan terhadap masyarakat UPT Tiram Jaya Desa Tanjung Melayu Kecamatan Kuindra, Inhil, dalam program Transmigrasi umum.

"Melalui bidang pembinaan dan pengembangan masyarakat transmigrasi, sebanyak 225 kepala keluarga (kk) sejak gelombang pertama tahun 2009 hingga 2016 dan kini telah mampu mandiri," ujarnya

Ia mengaku program tersebut merupakan program Provinsi, melalui SK Gubernur Riau tahun 2007 tentang pencadangan tanah seluas lebih kurang 1200 hektar di Desa Tanjung Melayu, Kec Kuindra untuk lokasi transmigrasi dan kependudukan Provinsi Riau.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan dan Pengembangan Masyarakat Transmigrasi, Pardi Limbong menambahkan, lahan 1200 hektar dicanangkan untuk 350 kk, setelah di cek ternyata hanya 860 hektar yang layak untuk dipergunakan dengan daya tampung sebanyak 280 kk.

"Jadi masyarakat Tanjung Melayu merupakan perpindahan dari berbagai macam masyarakat yang ada di Inhil ini sejak tahun 2009 hingga 2016. Sekarang hanya kita bina saja, seperti cara mengolah lahan," ungkapnya

Mayoritas mata pencaharian masyarakat Tanjung Melayu merupakan Petani dan sebagian kecil lainnya sebagai nelayan.

"Kami juga bersinergi dengan dinas-dinas lain untuk menyukseskan program ini, seperti dari dinas Pendidikan yang melengkapi sarana pendidikan, Dinas (dulu) Pertambangan untuk air bersih dan Dinas Pertanian untuk bibit pertanian," imbuhnya.

 






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar