Facebook Akuisisi Giphy Senilai Rp 6 Triliun


INDOVIZKA.COM - Facebook dilaporkan telah mengakuisisi platform pembuat dan berbagi gambar GIF populer, Giphy.

Meski tidak dikonfirmasi secara resmi oleh Facebook, konon, nilai akuisisi tersebut mencapai 400 juta dollar AS atau sekitar Rp 6 triliun.

Akuisisi ini tentunya akan memperkuat integrasi konten GIF (Graphics Interchange Format)

pada platform media sosial milik Facebook, termasuk Instagram dan aplikasi Facebook lainnya.

Di bawah kepemilikan Facebook, nantinya Giphy akan diintegrasikan ke dalam Instagram dengan tujuan memudahkan pengguna untuk mengirim GIF maupun stiker lewat Instagram Stories dan Direct Messages.

Sebelum diakuisisi, Facebook sendiri mengklaim bahwa pihaknya adalah penyumbang terbesar trafik Giphy yang jumlahnya mencapai 50 persen.

Dari angka tersebut, setengahnya di antaranya berasal dari aplikasi Instagram sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Sabtu (16/5/2020).

Facebook sendiri telah mengandalkan Giphy selama bertahun-tahun untuk menyediakan GIF pada aplikasi miliknya seperti Facebook, Instagram, Facebook Messenger, hingga WhatsApp.

Selain itu, Giphy juga kerap digunakan di platform media sosial lain seperti Twitter, Pinterest, Slack, hingga forum Reddit. 

Untuk saat ini, Facebook mengatakan bahwa layanan Giphy masih akan dapat digunakan secara normal sama seperti biasanya, termasuk di luar platform milik Facebook.

"Pengguna masih akan bisa mengunggah GIF. Pengembang dan mitra API bisa terus memiliki akses ke kreator Giphy untuk terus membuat konten yang kreatif," kata Vishal Shah, Vice President of Product Instagram dalam sebuah posting blog.

Giphy merupakan salah satu situs GIF terbesar di dunia yang menawarkan tools untuk membuat, berbagi dan menggabungkan konten GIF.

Semua platform media sosial seperti Twitter, Pinterest, Slack, Reddit, dan lainnya pun menggunakan API Giphy untuk menyediakan berbagai pilihan GIF untuk diunggah para pengguna di platform-nya. (*)


sumber: kompas

 






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar