Penuhi Kebutuhan Kurban, Dinas PKH Riau akan Datangkan Sapi dari NTT

Ilustrasi

PEKANBARU  - Untuk mencukupi kebutuhan sapi kurban hari raya Idul Adha, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Provinsi berencana akan mendatangkan dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Demikian disampaikan Kepala Dinas PKH Provinsi Riau, Rahmat Setiyawan kepada CAKAPLAH.com, Senin (15/6/2020) di kantor Gubernur Riau.

Dia mengatakan, sapi tersebut nantinya akan dikirim dari NTT ke Riau menggunakan kapal ternak milik Kementerian Perhubungan, dan diturunkan di Pelabuhan Dumai.

"Kita coba untuk kerjasama untuk penyediaan sapi kurban, karena sapi dari NTT ini terkenal mempunyai kualitas bagus, dan harga relatif murah," kata mantan Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas PKH Riau ini.

Lebih lanjut, Rahmat Setiyawan menjelaskan, setelah sapi tiba di Riau selanjutnya akan langsung diterima pihak suplier dari Badan Usaha Milik Petani (BUMP).

"Jadi kami dari dinas akan membantu memfasilitasi dokumen pengiriman sapi-sapi itu, terutama dokumen kesehatannya untuk memastikan sapi-sapi tersebut aman nantinya hingga pelaksanaan kurban pada Idul Adha," terangnya.

Disinggung soal harga sapi, dia belum bisa memastikan secara pasti. Namun harga lebih terjangkau dibanding harga sapi di Riau.

"Jadi harganya lebih terjangkau. Informasi yang kami diterima, harga per kilogram Rp49 ribu per kilogram untuk harga sapi hidup. Sedangkan kalau dibanding harga sapi di Riau mencapai Rp60 per kilogram. Mudah-mudahan dengan adanya pengiriman sapi dari NTT ini menjadi awal untuk perkembangan ternak sapi di Riau bisa lebih baik," cakapnya.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar