Riau Masuk 10 Besar Provinsi Paling Korup di Indonesia

Kantor KPK

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah berhasil membongkar ribuan kasus korupsi di Indonesia sejak berdiri tahun 2002.

Kasus-kasus tersebut tersebar di berbagai provinsi di Indonesia mulai dari DKI Jakarta hingga Papua. Dari Pulau Sumatera, Riau masuk salah satu yang paling tinggi kasus korupsi.

Melalui akun YouTube KPK, Ketua KPK Firli Bahuri lantas membeberkan deretan wilayah dengan kasus korupsi tertinggi di tanah air.

Hal itu ia ungkapkan dalam Diskusi Interaktif dengan Gubernur Se-Indonesia: Sinergi dan Efektifitas Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi yang tayang di kanal YouTube KPK, Rabu (24/6/2020).

Dari catatan KPK, sepanjang tahun 2002-2019, total terdapat 1.152 pelaku kasus korupsi yang berhasil diamankan oleh KPK. Dari jumlah ini, 21 di antaranya adalah gubernur.

"Ini kira-kira jabatan yang sudah pernah ditangani KPK, tidak kurang 1.152. Gubernur sudah 21, jangan ditambah lagi," kata Firli, dinukil suara.com.

Meski demikian, sebagai perwakilan dari KPK, Firli mengaku tidak bangga telah berhasil menangkap para pemimpin daerah yang ketahuan mencuri uang rakyat. Sebaliknya, ia dan jajarannya justru merasa sedih.

"Mohon maaf kami tidak bangga menangkap gubernur dan bupati itu, kita sedih. Tapi kalau melakukan korupsi, pasti kami akan lakukan tindakan tegas, apalagi dalam situasi pandemi," imbuhnya.

Untuk mengetahui lebih lengkap, berikut adalah daftar 10 provinsi paling korup di Indonesia berdasarkan laporan KPK yang ditayangkan dalam kanal YouTube KPK:

1. Pemerintah Pusat: 359 kasus 
2. Jawa Barat: 101 kasus 
3. Jawa Timur: 85 kasus 
4. Sumatera Utara: 64 kasus 
5. DKI Jakarta: 61 kasus 
6. Riau dan Kepulauan Riau: 51 kasus 
7. Jawa Tengah: 49 kasus 
8. Lampung: 30 kasus 
9. Banten: 24 kasus 
10. Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, Bengkulu, Papua: 22 kasus. (*)






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar