Bupati Siak Panen Raya Padi Seluas 208 Ha di Sabak Auh


INDOVIZKA.COM - Bupati Siak, Alfedri menghadiri kegiatan panen raya padi di sawah milik masyarakat Kampung Laksamana, Kecamatan Sabak Auh seluas 208 Hektare, Jumat (24/7/2020).

Alfedri mengatakan, padi yang dipanen ratusan hektare itu produksinya bisa mencapai 1.248 ton.

Pemerintah daerah juga sangat mendukung masyarakat di kampung itu untuk menggalakkan ekonominya di sektor pertanian. Hal ini sejalan dengan program ketahanan pangan dalam menghadapi Covid-19.

Bahkan, beberapa warga yang dulunya memiliki lahan perkebunan sawit di sekitar areal persawahan mulai beralih. 

"Dalam tahun ini sudah ada alih fungsi lahan dari kebun sawit menjadi persawahan seluas 7 Hektare. Ini yang akan kita dorong untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, karena estimasi hasilnya jauh lebih menjanjikan dibanding kebun sawit," kata Alfedri kepada Riaulink.com saat menghadiri kegiatan panen raya di Sabak Auh.

TERKAIT

Keluarga Korban Lion Air JT 610 Layangkan Surat Tuntutan Terbuka, Inilah Isinya

Palembang Jadi Tuan Rumah Konferensi Pariwisata 11 Negara

Ahmad Dhani Dituntut 2 Tahun Penjara, Dul Jaelani Minta Keadilan Buat Ayahnya

Waduh,,, Ratusan Napi di Lapas Banda Aceh Kabur

Gubernur Sumbar Sisipkan Aturan LGBT dalam Perda Ketahanan Keluarga

Calon Bupati Siak itu juga menyampaikan dalam sekali panen padi per hektarenya dapat mencapai 6 - 7 ton, dalam satu hakter itu pula keuntungan yang didapat petani bisa mencapai Rp 27 jutaan.

Untuk mendukung capaian itu, pemerintah kabupaten Siak telah membangun sistem irigasi yang baik seperti membangun pompanisasi dan pipanisasi aliran air di sana. 

"Kita juga akan bangun saluran tersier di sini, masyarakat juga mau menghibahkan tanahnya untuk pembangunan itu. Ini secepatnya kita usulkan dengan dana APBN dan melalui Dinas Pertanian mudah-mudahan secepatnya ini bisa diprogramkan supaya meningkatkan produktifitas petani kita," kata dia. 

Dalam kegiatan itu, Alfedri berkesempatan untuk menyabit beberapa padi yang sudah panen bersama Kadis PU Tarukim, Kadis Pertanian, Camat dan Kapolsek Sabak Auh, Direktur Bank Riau Kepri Cabang Siak, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan, Bank BRI serta penghulu Kampung Laksamana.

Bupati Siak itu juga kagum dengan perkembangan sektor persawahan di sana. Dalam waktu singkat, areal persawahan sudah mencapai 208 hektare. 

Menurutnya, lahan yang ada diantara beberapa kampung di sana memiliki potensi 800 hektare yang dapat dibudidayakan untuk lahan menanam padi. 

"Saya melihat potensi persawahan di Sabak Auh ini cukup bagus dan hampir menyamai persawahan di kecamatan Bungaraya yang sudah dirintis sejak tahun 1987. Tinggal ke depan pemerintah akan mendorong lagi kebutuhan para petani seperti Transplanter dan alat penanam padi secara otomatis yang belum ada di kecamatan Sabak Auh saat ini," katanya. 

Dikesempatan yang sama, Alfedri juga menyerahkan bantuan kepada para petani seperti bantuan benih padi jenis Mekongga dari APBN sebanyak 40 Kg, herbisida sebanyak 416 liter, dan pupuk NPK sebanyak 50 Kg. (Wahyu)






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar