Hewan Kurban di Pekanbaru Dijamin Kesehatannya


PEKANBARU - Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru menjamin ketersedian hewan kurban jenis sapi dan kambing untuk memenuhi kebutuhan masyarakat berkurban pada Idul Adha 1441 hijriah dalam kondisi sehat.

"Berdasarkan pengecekan dan pemeriksaan hewan kurban di beberapa tempat di Kota Pekanbaru belum ditemukan hewan kurban yang sakit ataupun terjangkit virus. Jadi kita jamin hewan kurban yang disuplai dalam kondisi sehat," kata Kepala Bidang Peternakan Distankan Pekanbaru, Herlandria, di Pekanbaru, dikutip dari antarariau, Minggu (26/7/2020).

Menurut dia, menjelang Hari Raya Idul Adha, ketersediaan hewan kurban masih aman kendati peternak Pekanbaru tidak dapat menyuplai seluruh kebutuhan hewan kurban, namun ini tidak menjadi masalah karena terbantu dengan pasokan dari luar daerah.

Peternak lokal, katanya menyebutkan hanya mampu menyuplai 20 persen dari total kebutuhan hewan kurban untuk Kota Pekanbaru sedangkan sisanya didatangkan dari kabupaten dan kota dalam provinsi Riau disamping itu ternak juga didatangkan dari luar Provinsi Riau, di antaranya Sumut, Sumbar, Lampung, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Untuk itu, kita tidak khawatir jika permintaan meningkat dari masyarakat terhadap kebutuhan hewan kurban di Kota Pekanbaru jelang hari Raya Idul Adha sebab persediaan hewan kurban masih banyak," katanya.

Berdasarkan data tahun 2019 kebutuhan hewan kurban di Kota Pekanbaru mencapai 11 ribu ekor namun pandemi COVID-19 maka permintaan diprediksi akan mengalami penurunan tahun 2020 Ini mengingat perekonomian masyarakat terpapar virus corona. (*)






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar